Home / Sport / Komisi IV DPRD NTT perduli bidang penelitian…

Komisi IV DPRD NTT perduli bidang penelitian…

foto: ambuga/moral-politik.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL POLITIK : Komisi IV DPRD NTT mengusulkan penambahan anggaran untuk Bidang Penelitian sebesar Rp. 1.890.000.000 pada Rapat Paripurna ke-14 di gedung DPRD NTT lantai II, Senin (6/11/2017).

Sesuai dengan apa yang disampaikan perwakilan Komisi IV dalam rapat paripurna itu, ada tiga program yang perlu ditambahkan anggarannya.

Program pertama adalah Penelitian Lanjutan/Pengembangan Produk Gelatin berbahan dasar ikan tuna. Indonesia sampai saat ini masih impor Gelatin. Balitbangda Provinsi NTT sejak tahun 2016 telah melakukan penelitian menghasilkan gelatin dari tukang ikan tuna. Tahun 2017 melakukan penelitian Study Kelayakan Industri Gelatin. Untuk itu, di tahun 2018 dibutuhkan dana untuk penelitian bidang ini sebesar Rp. 580.000.000,00.

Selain itu, demikian rincian yang terbacakan dari pemaparan Komisi IV dalam rapat paripurna ke-14, penelitian terhadap kondisi dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemiskinan memperoleh perhatian.

Berbagai program pemerintah yang dilaksanakan secara terkoordinasi berhasil menurunkan tingkat kemiskinan. Namun berbagai hal yang terjadi masih membawa nampak negatif bagi masyarakat. Kemiskinan merupakan hal yang kompleks. Untuk itu perlu dilakukan penelitian guna mendapatkan gambaran faktor penyebab kemiskinan di NTT. Untuk itu diperlukan dukungan dana sebesar Rp. 480.000.000,00.

Selain itu, menurut komisi IV DPRD NTT, penelitian terhadap pengelolaan Faloak perlu mendapatkan perhatian.

“Faloak sudah dikenal masyarakat NTT dan digunakan sebagai obat untuk penyakit Hepatitis B (penyakit kuning) dan diminum untuk menjaga kesehatan. Pada tahun 2016 dan 2017 telah dilakukan penelitian terhadap tanaman Faloak dan diketahui tingkat keamanan dan dosisnya. Untuk mendapatkan manfaat lebih, perlu dilakukan penelitian lanjutan, dan dibutuhkan anggaran sebesar Rp. 830.000.000,00,” katanya.

 

 

 
Penulis : ambuga
Editor   : erny

Baca Juga :  Secara Jantan Presiden PKS Penuhi Panggilan KPK

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button