Home / Sejarah / Malahayati, Laksamana Laut wanita pertama yang tangguh…

Malahayati, Laksamana Laut wanita pertama yang tangguh…

Laksamana Malahayati. (Foto: Wikimedia Commons.)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL POLITIK : Mungkin di antara kamu belum terlalu mengenal namanya. Dia memang tak seterkenal Kartini, Cut Nyak Dien atau Christina Marta Tiahahu.

Namun jasanya untuk Indonesia, sama sekali tak boleh diremehkan. Dialah Laksamana Keumalahayati atau Malahayati.

Malahayati baru saja diangkat menjadi Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo hari ini. Mari kita simak perjuangan pahlawan dari Aceh ini.

Dikutip dari website resmi Universitas Malahayati, Malahayati adalah laksanama laut perempuan muslimah pertama di dunia. Catatan perjuangannya membuat namanya layak lebih banyak dibicarakan di buku-buku sejarah di Indonesia.

Nama asli Malahayati adalah Keumalahayati. Ia merupakan putri dari Laksamana Mahmud Syah bin Laksamana Muhammad Said Syah. Kakeknya merupakan putra Sultan Salahuddin Syah yang memimpin Aceh pada 1530-1539. Keluarganya memang keluarga pelaut.

Tak cuma mendapat bekal pengetahuan kemaritiman dari sang ayah, Malahayati juga menghabiskan masa mudanya dengan menempuh pendidikan akademi militer dan memperdalam ilmu kelautan di Baital Makdis, pusat pendidikan tentara Aceh.

Di tempat itu juga, Malahayati bertemu tambatan hatinya. Dia menikah dengan seorang perwira muda yang siap berperang dan menggadaikan nyawa untuk menumpas penjajah.

Namun Malahayati pasti menyadari apa risiko yang harus diambilnya ketika menikahi seorang tentara atau pejuang. Ia harus siap kehilangan sang belahan jiwa kapan pun.

Benar saja, belum terlalu lama menikah, Malahayati harus kehilangan suaminya. Sang suami menjadi salah satu prajurit dari seribu orang Aceh yang gugur dalam suatu perang melawan Portugis di Teluk Haru, meski saat itu armada Aceh sukses menghancurkan Portugis.

Baca Juga :  Mereka-reka siapa aktor politik di balik demo Ahok?

< 1 2 3>

Komentar Anda?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button