MORAL POLITIK : Dana Alokasi Umum (DAU) dari pemerintah pusat kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang di Tahun 2018 mengalami penurunan.

Sebelumnya di tahun 2017, Pemkot Kupang mendapat alokasi DAU sebesar Rp. 661 miliar, namun di tahun 2018 DAU Kota Kupang hanya sebesar Rp. 649 miliar.

Asisten III Setda Kota Kupang Rens Tokoh kepada wartawan di Balai Kota Kupang, Jumat (10/11/2017) mengatakan, dengan pengurangan DAU sebesar Rp 12 miliar, maka akan berdampak pada pembiayaan dan pembelanjaan di tahun 2018 mendatang, sehingga pemerintah harus bisa menyesuaikan dengan kegiatan yang ada.

“Memang untuk DAU peruntukannya untuk belanja pegawai, dan dengan pengurangan itu, kita berharap ada bisa tertutupi melalui peningkatan dari PAD untuk menutup kekurangan. Tapi bukan berarti PAD yang ditentukan menyusahkan masyarakat. Tapi kita efektifkan penerimaan,” kata Tokoh.

Ketika disinggung soal pembagian APBD untuk belanja langsung dan belanja tidak langsung di tahun 2018 mendatang, Tokoh mengaku untuk pembagian alokasi sesuai dengan komitmen dari Walikota dan Wakil Walikota Kupang, maka belanja langsung akan lebih besar ketimbang belanja tidak langsung, dengan presentase sebesar 60-40 persen.

 

 

 

Penulis : Nyongki

Baca Juga :  Wartawan Pos Kupang diusir 2 oknum Perwira Polres Sikka