MORAL-POLITIK.COM: Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) akan membangun pos pelayanan di masing-masing Kelurahan di Kota Kupang.

“Pos-pos pelayanan ini untuk memmercepat proses pelayanan kepada masyaakat,” kata Kepala Damkar Kota Kupang Mesak Bailaen saat di temui di ruangan kerjanya, Rabu (29/11/2017).

Dikatakan Mesak, rencana pembangunan Pos Pelayan tersebut merupakan program Induk Damkar, karena dinilai sangat membantu saat kebakaran terjadi.

“Rencana induk kami seperti itu, membangun Pos Pelayanan di masing-masing kelurahan, agar memermudah Damkar dalam mengatasi kebakaran,” ujarnya.

Mesak mengaku, rencana tersebut untuk saat ini masih tertunda, karena keterbatasan keuangan daerah. Untuk itu, pihaknya sudah megajukan proposal ke Kementrian.

“Tapi itu belum teralisasi. Tergantung kemampauan keuangan daerah kita. Untuk itu kami sudah mengajukan proposal ke Kementrian, kami menitipkannnya lewat Komisi III,” sebutnya.

Mengenai kendala yang selama ini dihadapi, Mesakh mengaku, kekurangan personil dan mobil pemadam kebakaran adalah salah satunya. Sebab, Damkar saat ini hanya memiliki 6 mobil pemadam saja. Itu pun tiga mobilnya sudah “tua”, sedangkan personilnya hanya 42 orang saja.

“Untuk itu, saya juga sementara menyusun draf pengusulan untuk tambahan Mobil dan Personil. Untuk personil, idealnya, 95 orang. Sebab masing mempunyai tugas,” sebutnya.

Selain kendalanya pada Personil dan Mobil, Mesak juga megaku, kendala lainnya saat pelaksaan tugas di lapangan adalah akses masuk lokasi.

Baca Juga :  Pemkot Kupang mulai tertibkan Pungli di parkiran