MORAL POLITIK : Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya akhirnya berhasil mendulang penghargaan tingkat Nasional.

“Program Desa Mandiri Anggur Merah (DEMAM) dipastikan dapat mengantar Gubernur NTT Frans Lebu Raya untuk meraih penghargaan sebagai Pemimpin Daerah Terbaik secara Nasional,” sebagaimana diakui Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi NTT Thomas Bangke kepada moral-politik.com ketika  melakukan jumpa pers dengan wartawan di Kota Kupang, Selasa (31/10/2017).

Thomas menegaskan, ada 34 Gubernur di Indonesia yang dinilai untuk diberikan penghargaan sebagai pemimpin daerah terbaik. Dari ke-5 Gubernur yang diperkirakan, Gubernur Frans kemungkinan besar menyabet penghargaan itu karena program DEMAM.

James Adam

Pengamat Ekonomi NTT James Adam mengatakan, program DEMAM itu dapat meningkatkan perkembangan ekonomi masyarakat.

“Program ini sebenarnya bagus, karena bertujuan membantu masyarakat. Inti dari program ini adalah membantu masyarakat menuju masyarakat yang sejahtera,” kata James, ketika dihubungi moral-politik.com lewat telepon, Rabu (1/11/2017) siang.

Dalam perjalanan, lanjut James, mulai tahun 2011, sudah ada dampak positif bagi masyarakat.

“Dampak positifnya sudah bisa kita rasakan mulai 2011, baik bagi penduduk penerima program DEMAM, maupun penduduk desa secara keseluruhan. Masalahnya, tiap tahun, jumlah desa selalu bertambah, dan berimbas juga pada besaran dana,” terang James.

Penambahan dana itu, demikian James, sempat menimbulkan perdebatan di DPRD NTT.

“Pada tahun 2015, alokasi dana untuk program ini sempat diperdebatkan di Dewan,” katanya tanpa memberikan keterangan lebih jauh terkait permasalahan apa yang dibahas di Dewan.

Baca Juga :  Mahasiswa FKIP UKAW : Ada Kapitalis dan Herodes...