MORAL POLITIK : Rencana pria asal Desa Lumpatan, Kecamatan Sekayu, Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, bernama Cindra untuk menikahi dua wanita sekaligus terancam batal.

Pasalnya, Indah Lestari yang akan dinikahi secara resmi mencabut berkas pendaftaran di Kantor Urusan Agama (KUA) setempat.

Hal itu diungkapkan Kasubag Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumsel, Saefuddin Latief kepada merdeka.com, Rabu (1/11). Dia baru saja mendapat kabar bahwa Indah Lestari resmi menarik berkas pernikahannya.

“Kemarin tanggal 31, berkas nikah yang pernah diajukan ke KUA Lais ditarik oleh orang tua Indah Lestari atau wali nikah,” ungkap Saefuddin.

Secara otomatis, kata dia, tidak ada lagi berkas nikah yang didaftarkan di KUA Lais atas nama Cindra dan Indah Lestari tanggal 6 November 2017 yang direncanakan. Sedangkan pernikahan Cindra dan Perawati tanggal 8 November 2017 memang belum terdaftar di KUA.

“Untuk alasan penarikan saya tidak etis menyampaikan, silakan tanya ke keluarga Indah karena lebih pada internal mereka,” ujarnya.

Jika pun pernikahan Cindra dengan Indah Lestari dan Perawati tetap berlangsung dengan cara nikah siri, Saefuddin menyebut adalah hak masing-masing. Hanya saja, Kemenag tetap mengacu pada aturan pernikahan dicatat di KUA sesuai Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang pernikahan.

“Itu hak masing-masing mereka dan Kemenag tentu tidak akan pernah menyarankan itu (nikah siri). Sebab, nikah menurut aturan adalah dicatat,” pungkasnya.

 

 
Penulis  : irwanto
Editor    : athen
Sumber : merdeka.com

Baca Juga :  Kisah Seorang Wanita Menangis-nangis Mencari Hotman Paris...