Home / News NTT / Walikota Jefri terapkan Inovasi Baru Pelayanan Adminduk

Walikota Jefri terapkan Inovasi Baru Pelayanan Adminduk

Walikota Kupang Jefri Riwu Kore. (foto: ist)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL POLITIK : Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Kupang, merubah sistem pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) dari sistem manual ke sistem online.

Sistem itu merupakan inovasi baru Pelayanan Adminduk, yang diberi nama layanan E-Bisa.

“Inovasi ini akan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengakses informasi yang dibutuhkan dalam berbagai kepengurusan Administrasi Kependudukan tanpa harus membuang waktu dan biaya dengan mendatangi Kantor Dinas Kependudukan,” kata Walikota Kupang Jefri Riwu Kore dalam sambutannya pada acara Lounching Aplikasi E-Bisa, di Aula UPTD Balai Diklat Provinsi NTT, Kamis (16/11/2017).

Jefri mengatakan, melalui E-Bisa, masyarakat juga dapat melakukan registrasi secara online sehingga dapat menghemat waktu pelayanan dan mengurangi antrian di loket.

Dengan lounching aplikasi ini, Jefri berharap agar para Lurah dan Ketua LPM harus menjadi ujung tombak pemerintah dalam memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat berkaitan dengan pelayanan administrasi kependudukan.

Jefri menguraikan, kebijakan Nasional di bidang Administrasi Kependudukan saat ini telah menunjukan perubahan yang cukup signifikan terutama dalam peningkatan efektivitas pelayanan kepada masyarakat, peningkatan kualitas demokrasi, pencegahan kriminalitas, terorisme, TKI Ilegal, perdagangan orang, serta pelayan publik lainnnya.

Jefri melanjutkan, pemerintah pusat melalui Kementrian Dalam Negeri terus berupaya melahirkan kebijakan di bidang administrasi kependudukan, sekaligus mencari formula pelayanan yang lebih memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan administrasi kependudukan.

“Lahirnya Undang-Undang Nomor 24 tahun 2013, sebagai perubahan dari undang-undang nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan meruoakan salah satu bukti dari upaya pemerintah untuk terus memperbaiki kualitas pelayanan administrasi kependudukan dan menjamin kepastian hukum terhadap kepemilikan dokumen kependudukan,” tambah dia.

Dengan lahirnya Undang-Undang tersebut, sebutnya, maka beberapa hal mrndasar telah mengalami perubahan sekaligus memberikan kemudahan kepada masyarakat.

Baca Juga :  Jonas Salean tempatkan 19 dokter untuk program BKS

< 1 2>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button