Home / Profil / Ini dia Angela Tamo Inya, Pembuat Aplikasi e-Bisa

Ini dia Angela Tamo Inya, Pembuat Aplikasi e-Bisa

foto: nyongki/moral-politik.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Pemerintah Kota Kupang telah meluncurkan aplikasi untuk pengurusan Administrasi Kependudukan (Adminduk) secara online yang dinamai e-Bisa.

Aplikasi tersebut bisa dimanfaatkan warga Kota Kupang untuk melakukan pengurusan adminduk secara online, tanpa harus mengantri di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DispenduklCapil).

Bagi warga yang ingin mengurus adminduk secara online, tinggal melakukan conect via internet melalui situs www.dukcapilbisa.net, warga tinggal mendaftarkan diri.

Aplikasi ini merupakan langkah maju dari DispendukCapil Kota Kupang untuk memermudah masyarakat melakukan registrasi adminduk secara online.

Namun aplikasi tidak terbentuk dengan sendirinya, tanpa andil dari sosok kreatif yang menciptakan aplikasi ini untuk memermudah masyarakat melakukan pengurusan adminduk. Sosok yang merancang pembuatan aplikasi ini adalah Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data, Angela Tamo Inya.

Kepada wartawan di Kota Kupang, Sabtu (25/11/2017) yang lalu, Angela mengaku gagasan membuat aplikasi e-Bisa saat dirinya mengikuti diklat PIM 3. Dalam diklat tersebut, semua peserta PIM diwajibkan bisa membuat aplikasi yang bisa dimanfaatkan oleh dinasnya masing-masing, sehingga muncul idenya untuk membuat aplikasi e-Bisa.

Sebagai salah satu kabid di DispendukCapil Kota Kupang, dirinya setiap hari melihat begitu banyak masyarakat yang berjubel memenuhi kantornya untuk mengurus adminduk. Warga bahkan harus mengantri berhari-hari untuk bisa mengurus adminduk.

Melihat hal itu, lalu muncul ide untuk membuat suatu terobosan baru supaya bisa memermudah masyarakat untuk mendaftarkan diri untuk pengurusan adminduk, dengan menyiapkan aplikasi yang bisa dimnfaatkan warga untuk mengurus adminduk secara online.

Baca Juga :  Kapolri Tito: Penetapan status Ahok tersangka tanpa konsultasi Presiden

< 1 2>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button