MORAL-POLITIK.COM – Terobosan pemanfaatan serat buah lontar kini telah ditemukan. Buah pohon lontar yang selama ini dibuang begitu saja, kini bisa dimanfaatkan seratnya.

Pemanfaatan serat buah lontar untuk membuat berbagai perkakas, misalnya daun meja, gagang gitar, ataupun alat-alat lainnya.

Tentu saja, penemuan ini akan menjadi solusi dari pengangguran yang selama ini dikeluhkan, jika ‘ditangkap’ dengan baik.

Yuel Bani, mahasiswa semester 9 Jurusan Teknik Mesin Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana Kupang, adalah salah seorang penemu terobosan ini. Ia mengaku, ini adalah hasil penelitian bersama dosennya. Alat ini disebut dengan Komposit Serat Lontar dan dipamerkan pada event NTT Investment and Development Expo di aula El Tari Kupang, dari tanggal 18-20 Desember 2017.

Kepada moral-politik.com, Senin (18/12/2017), Yuel mengatakan bahwa alat Komposit Serat Lontar itu bisa menghasilkan berbagai produk sesuai keinginan kita.

“Ada tiga bahan utama untuk membuat barang-barang dari serat pohon lontar, yaitu katalis, resin dan serat,” jelasnya.

Pria kelahiran Larantuka itu mengatakan, dengan ditemukannya alat ini, dia merasa senang karena bisa membuat gagang gitar dari serat lontar. Rasa senangnya ini tentu berasalan. Dia adalah gitaris pada salah satu band yang didirikannya bersama teman-temannya.

“Sekarang gagang gitar tidak perlu lagi dari kayu,” katanya.

Sebagai pembaca, kita perlu bertanya-tanya, bagaimana caranya sebuah gagang gitar, atau permukaan meja, dibuat dari serat buah lontar.

“Tentu, langka pertama yang kita lakukan adalah mengumpulkan buah lontar yang jatuh,” katanya sambil tersenyum.

Setelah itu, lanjutnya, serat buah lontar itu diambil, lalu dijemur.

“Kita jemur sampai kering,” jelasnya lagi.

Baca Juga :  Bareskrim Polri menahan Penulis Buku "Jokowi Undercover"