Home / Profil / Saat Bripka Maksi Tameno Ajari Warga Cinta Lingkungan Hidup

Saat Bripka Maksi Tameno Ajari Warga Cinta Lingkungan Hidup

Bripka Maksi Tameno mengajari masyarakat mencintai lingkungan hidup. (foto: merdeka.com/moral-politik.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Tugas polisi identik dengan menjaga keamanan dan ketertiban wilayah tugasnya.

Namun berbeda dengan anggota Bhabinkamtibmas di Kelurahan Belo, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Bripka Maksi Tameno disela-sela tugasnya sebagai Anggota Polisi, ternyata memiliki pengetahuan dan ketrampilan lain, yang jarang dimiliki anggota polisi lainnya, khususnya dalam memelihara dan melindungi sumber mata air yang menjadi harapan warga untuk lahan pertanian.

Biasanya, usai bertugas melaksanakan tugasnya di Kelurahan Belo, Tameno menemui warga yang telah berkumpul dan menunggunya di sekitar sumber mata air Oe Lanen. Berkat sedikit pengetahuan yang dimiliki, ia memberi penjelasan mengenai pentingnya bersahabat dengan alam. Memelihara sumber mata air yang menjadi harapan utama warga mengairi lahan pertanian mereka, menjadi pembahasan penting dalam pertemuan itu.

Saat ditemui moral-politik.com, Sabtu (18/11/2017) yang lalu, dirinya baru usai membersihkan mata air. Ia mengatakan, memelihara alam merupakan kewajiban semua orang termasuk dirinya walau harus berbagi waktu dengan tugas pokoknya sebagai polisi.

“Pertama-tama tumbuh rasa peduli dari pribadi terhadap lingkungan, terus fungsi saya sebagai seorang Bhabinkabtibmas disamping membangun hubungan kemitraan dengan masyarakat, mungkin saya juga melihat apa kebutuhan masyarakat,” kata dia.

Ia menambahkan, masyarakat butuh bibit berupa tanaman maupun makanan pokok, namun mereka tidak tahu harus kemana.

“Masyarakat butuh akan bibit tapi mereka tidak tahu darimana datangkan bibit itu, jadi tugas saya membantu mereka fasilitasi, sebenarnya fungsi pemerintah siapkan hanya pemerintah sendiri tidak tahu masyarakat mana yang butuh bibit, karena tanpa sarana penghubung antara masyarakat dengan pemerintah,” sambung dia.

Ia mengaku, kehadiran dirinya di tengah masyarakat sebagai petugas keamanan, juga melihat apa yang dibutuhkan masyarakat, contoh untuk melestarikan sumber mata air, perlu ada penghijauan kembali, penanaman bibit yang difasilitasi pemerintah, semua itu terjadi berkat usulannya.

Baca Juga :  Keren! PNS tercantik unggah foto terelok, pesan ke Jokowi: Kerja juga harus makan

< 1 2>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button