MORAL-POLITIK.COM – Pemerintah Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemutakhiran Data Pemilih (PDP).

Bimtek tersebut dilakukan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Nusa Tengara Timur (NTT) tahun 2018 ini, dan dilaksanakan di Hotel Gajah Mada, Kota Kupang, yang diikuti oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di wilayah Kecamatan Kota Radja, Rabu (17/1/2017).

Camat Kota Raja, Muhamad Khairil dalam sambutannya menilai, Bimtek yang di gelar tersebut begitu penting. Sebab, merupakan tahapan penting bagi petugas PPDP dalam mendata daftar tetap, yang akan di awasi langsung petugas pemilu.

Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), kata Khairil, akan mulai bekerja pada tanggal 20 Januari sampai 18 Februari 2018 mendatang, sehingga diharapkan dapat mengikuti Bimtek ini dengan baik.

“Karena hasil kerja inilah yang akan menentukan pemilih yang berhak memilih Gubernur dan Wakil Gubernur pada pilkada mendatang. Ini tahapan penting bagi petugas PPDP,” ujarnya.

Dikatakannnya, tahapan penyusunan daftar pemilih merupakan salah satu tahapan yang sangat krusial dan strategis bagi terselenggaranya pemilihan kepala daerah. Oleh karena itu pemutakhiran data pemilih menentukan bagi tahapan pemilu.

Sebab, lanjut Khairil, mulai dari penentuan jumlah TPS alokasi, logistik pola sosialisasi pemilu, kampanye rekapitulasi hasil suara. Jika dalam hasil penyusunan daftar pemilih bermasalah atau tidak valid dan dapat dipastikan tahapan pemilu selanjutnya juga akan terganggu.

“Saya berharap agar petugas PPDP dapat memastikan daftar pemilih tersusun dengan baik, dalam hasil sesuai data yang ada dalam daftar pemilih tetap,” ujarnya.

Baca Juga :  Ceritanya BNNP Minta Semua Anggota DPRD NTT Harus Tes Urine !!