MORAL-POLITIK.COM – Kepolisian Guinea di Afrika Barat menangkap seorang dukun yang telah menipu ratusan perempuan sehingga membuat mereka seolah tengah hamil.

Dukun bernama N’na Fanta Camara itu memberikan ramuan yang terdiri dari berbagai campuran dedaunan, herbal, dan obat-obatan lainnya kepada para pasien perempuan.

Ramuan tersebut lantas menyebabkan perut mereka membuncit dan terlihat seperti sedang hamil.

Para perempuan itu dikenakan biaya sebesar Rp 400.000. Jumlah yang besar bagi penduduk Guinea yang memiliki penghasilan rata-rata sekitar Rp 650.000 per bulan.

Polisi meyakini dukun Camara ini meraup keuntungan jutaan rupiah dalam sebulan dengan penipuan ini, meski ia mengatakan hanya berusaha untuk membantu.

Pada Selasa (16/1/2018), lebih dari 200 perempuan berunjuk rasa di luar kantor polisi di ibu kota Guinea, Conakry, tempat Camara ditahan.

Lebih dari 700 perempuan berusia 17 sampai 45 tahun diyakini menjadi korban praktik ‘pengobatan’ kehamilan ala Nyonya Camara.

“Sudah sejak setahun lalu kami mengunjungi dukun itu pertama kalinya,” ujar salah seorang pengunjuk rasa kepada BBC.

“Dalam kunjungan pertama kami, ia memberi kami berbagai obat yang terbuat dari daun-daun dan rempah-rempah yang membuat kami muntah.”

“Namun ia meyakinkan kami bahwa ini baik untuk kami. Seiring dengan mengonsumsi obat-obatan ini, perut kami mulai membuncit.”

“Setelah beberapa saat, kami mendatanginya lagi, ia memeriksa kami hanya dengan menyentuh perut kami dan ia menyatakan bahwa kami hamil,” tambahnya.

Baca Juga :  Soal Rp 8,5 M, Pemkot Kupang minta kontraktor bersabar