MORAL-POLITIK.COM – Ada perbedaan jika membandingkan jumlah suku yang ada di Indonesia, dengan jumlah suku yang ada di negara Afghanistan.

“Saya pernah bertanya kepada presiden Afganistan, ‘berapa jumlah suku di Afghanistan?’ Presiden Afghanistan itu menjawab ‘tujuh suku’. Di Indonesia, jumlah semua suku ada 714 suku,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika memberikan Kuliah Umum di Universitas Muhammadyah Kupang, Senin (8/1/2018) siang.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menambahkan, dirinya juga pernah bertanya kepada Duta Besar (Dubes) Indonesia yang berada di Singapura.

“Saya tanya ke Dubes kita di Singapura, ‘Berapa jumlah suku di sana?’ Ia menjawab ‘hanya empat suku.’ Bandingkan di Indonesia, ada 714 suku,” katanya.

Dengan banyak dan beragamnya suku-suku di Indonesia, lanjut mantan Walikota Solo ini, masyarakat harus selalu menjaga kerukunan.

“Saya masih ingat, ketika bertemu presiden Afghanistan. Setelah mengetahui jumlah suku yang sangat banyak di Indonesia, ia berpesan agar saya harus selalu menjaga kerukunan antar suku,” katanya.

Presiden Afghanistan itu berpesan, sambungnya, jika terjadi keributan antarsuku, harus segera diselesaikan. Jika terjadi sengketa antarkampung, harus segera diselesaikan.

“Saya sadari, untuk menjaga kesatuan di Indonesia, sungguh mahal harganya. Saya dari Aceh ke Papua itu sembilan jam 15 menit. Sangat berbeda budaya dan bahasa antara masyarakat Aceh dan Papua. Indonesia ini negara besar dengan beragam suku budaya,” akunya.