MORAL-POLITIK.COM – Warga Kecamatan Oebobo, Kota Kupang meminta pemerintah Kota Kupang menata kembali drainase yang ada.

Pasalnya banyak titik genangan air yang terjadi pada saat musim hujan.

Demikian dikemukakan Anggota DPRD Kota Kupang Kamilus G. Tokan saat menyampaikan hasil resesnya, kepada wartawan di Gedung DPRD Kota Kupang, Senin (22/1/2018).

Tokan mengatakan, dalam masa reses di awal tahun 2018, menjelang digelarnya sidang I DPRD Kota Kupang, dirinya melakukan kunjungan ke beberapa tempat di Kecamatan Oebobo. Dalam reses tersebut, dirinya paling banyak mendapat pengaduan soal genangan air, karena buruknya drainase di beberapa ruas jalan.

Menurutnya pengaduan paling banyak terjadi di Kelurahan TDM, Kayu Putih, dan Kelurahan Fatululi. Di tiga kelurahan tersebut, warga banyak memberikan pengaduan soal buruknya sistem drainase yang menyebabkan terjadinya genangan di mana-mana, dan mereka meminta pemerintah segera menata ulang sistem drainase agar ada saluran pembuangan, sehingga tidak lagi terjadi genangan-genangan.

Ia mengaku, menanggapi usulan banyak warga, dirinya akan menyampaikan dalam sidang I DPRD Kota Kupang yang akan digelar pada tanggal 2 Februari 2018, dengan agenda pemabahasan RPJMD Kepala Daerah. Bila perlu dalam pembahasan RPJMD, ia akan meminta agar penataan drainase dimasukan dalam RPJMD lima tahun kedepan.

“Kalau melihat kondisi drainase saat ini, memang butuh kerja keras pemerintah, sehingga alangkah baiknya dimasukan dalam RPJMD agar penanganannya dilakukan secara bertahap dan kontinyu selama beberapa tahun kedepan,” tegas dia.

Tokan menambahkan, untuk penataan drainase butuh kerja yang sangat berat, karena selama ini pentaan bangunan dan ruang tidak berjalan dengan baik. Banyak bangunan yang di bangun tidak meninggalkna space untuk sarana drainase, sehingga penataannya jauh lebih sulit. Untuk itu, rencana penataan tersebut wajib di masukan dalam RPJMD.

Baca Juga :  Kamilus Tokan: Pemkot berikan sanksi kepada penyewa Alat Berat

 

 

 

Penulis : Nyongki
Editor   : Erny