MORAL-POLITIK.COM – Masih ingat dengan malware Spectre & Metldown yang menyerang komputer Mac dengan basis prosesor Intel, dan perangkat iOS dengan basis prosesor ARM beberapa waktu lalu?

Meski Apple sudah merilis perbaikannya segera, namun hal ini tak lantas selesai begitu saja.

Kelompok pengacara di Israel dikabarkan mengajukan gugatan hukum class action terhadap Apple, Intel, ARM ke pengadilan distrik Haifa. Hal ini menyusul adanya celah keamanan berbahaya yang ditemukan dalam prosesor yang dibuat Intel dam ARM belum lama ini.

Gugatan hukum class action tersebut diajukan Rimon Zinati yang merupakan perwakilan dari kelompok pengacara Israel dan termasuk para pengguna perangkat yang prosesornya dibuat Intel dan ARM.

Dalam gugatan hukumnya seperti dilansir Patently Apple, Zinati mengatakan kehadiran celah keamanan tersebut menyadarkan akan adanya risiko yang membahayakan privasi pengguna.

Since the announcement by the companies of the vulnerabilities of their products, we realize that we are living in a fantasy world and now realize that we do not even have a minimum of privacy.”

Tidak diketahui dengan jelas, apa yang diminta dalam gugatan hukum class action tersebut. Begitu juga alasan mengapa Apple diseret-seret dalam kasus ini. Padahal, malware tersebut menyerang prosesor dari Intel dan ARM.