Home / Opini / Opini: Masihkah Anda Mengidolakan Ahok?

Opini: Masihkah Anda Mengidolakan Ahok?

lustrasi: Andhika Akbaryansyah/detikcom

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM – Di tengah panasnya api pemberitaan negatif tentang Ahok, saya menemukan sejuknya oase karya Yanu Arifin di detikSport berjudul Maukah Kamu Berganti Klub Idola Jika Ditawari Mobil dan Uang Rp 3,2 M?

Intinya begini. Artikel itu membahas video Bundesliga yang mengunggah video teaser yang ditujukan bagi para fans yang sedang menganggur karena jeda musim dingin.

Dua orang ‘agen’ diminta untuk merayu para maniak bola untuk memindahkan loyalitas mereka ke klub bola lain. Oliver Roemer loyalis Borussia Dortmund, Michael Zeman pendukung Bayern Munich, dan Martin Siermann ‘bonek’ Borussia Moenchengladbach diiming-imingi uang, mobil, dan popularitas agar memindahkan dukungan ke klub lawan.

Roemer diminta untuk jadi fans Schalke 04 —rival Dortmud dalam derby Ruhr— Sierman digoda untuk mendukung FC Koln —rival Gladbach dalam derby Rhine— dan Zeman dirayu untuk mendukung Dortmund, rival Bayern.

Bagaimana hasilnya? Sungguh mengagumkan dan membuat saya terharu.

“Tindakan ini seperti menjual identitas saya. Saya tidak bisa melakukannya,” tampik Roemer.

“Tidak, uang tak jadi soal. Ini urusan hati. Saya terlahir sebagai fans Gladbach dan akan tetap seperti itu,” tegas Siermann.

“Saya fans Bayern. Sekali Bayern, tetap Bayern,” tepis Zeman.

Video Bundesliga itu diakhiri dengan kalimat yang menyentakkan kesadaran kita semua, “Fans sejati tidak bisa dibeli!”

Alangkah bedanya apa yang terjadi di lapangan bola dengan dunia politik. “Tidak ada kawan sejati di politik, yang ada hanya kepentingan pribadi,” begitu ucapan yang sering saya dengar. Belantara berita tentang Ahok pun membuat orang yang tidak punya peta pikiran yang jernih bisa ikut tersesat.

“Ah, berita hoaks kok disebarin,” begitu komentar sinis seorang ibu di acara arisan.

Baca Juga :  Hal Penting yang Harus Dikatakan Kepada Kekasih

< 1 2 3 4>

Komentar Anda?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button