MORAL-POLITIK.COM – Pemerintah Kelurahan Nafonaek masih melanjutkan daur ulang sampah plastik dan sampah organik yang sudah dilakukan uji coba beberapa waktu lalu untuk pembuatan paving blok.

“Apa yang sudah kita uji coba tahun lalu, kita serius untuk tindaklanjuti pada tahun ini,” kata Lurah Nafonaek Titus Ratuarat kepada moral-politik.com di Kota Kupang, belum lama ini.

Hasil uji pengelolaan sampah baik plastik, katanya, maupun organik menunjukan hasil yang bagus. Karena itu, upaya yang sudah dilakukan itu tidak hanya sampai pada uji coba.

Saat ini, lanjut Titus, pihaknya sudah membawa hasil uji coba pembuatan paving block dari sampah plastik ke laboratorium, hasilnya layak dimanfaatkan dan bisa bertahan belasan hingga puluhan tahun.

Titus mengatakan, tim penanggulangan sampah yang dibentuk, sudah siap mengelola sampah untuk menghasilkan barang yang bernilai ekonomis, dengan memanfaatkan sampah rumah tangga yang dihasilkan warga setempat.

“Pihak kami juga sedang memikirkan bagaimana bisa memanfaatkan semua sampah plastik mapun organik yang ada di Kota Kupang, untuk pembuatan paving blok dan pupuk organik,” pungkas Titus.

 

 

 
Penulis : Nyongki
Editor   : Erny