MORAL-POLITIK.COM – Hari Selasa (9/1/2018) pukul 13.00 WITA, Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih berada di pulau Rote Ndao, sebuah pulau paling selatan di wilayah Indonesia.

Pada hari dan pukul yang sama, ribuan masyarakat NTT telah memadati area Bendungan Raknamo, Desa Raknamo, Kabupaten Kupang, menantikannya.

Selama 72 tahun Republik Indonesia (RI) merdeka, dan telah tujuh kali melakukan pergantian presiden, Jokowi adalah orang pertama yang melakukan kunjungan ke pulau terselatan RI itu.

Di sana, ia membagikan 700 sertifikat tanah kepada masyarakat. Jumlah itu akan bertambah kemudian menjadi 6.729 sertifikat tanah yang harus dimiliki masyarakat.

Sehari sebelumnya, ribuan warga NTT telah menunggunya di Ballroom Milenium Kota Kupang. Di sana,  ia membagikan 2.405 sertifikat tanah kepada masyarakat NTT.

Rencananya, setelah dari pulau Rote, Jokowi akan langsung ke Bendungan Raknamo, namun rencana itu pun undur, karena ia harus lebih dahulu meresmikan kantor Gubernur NTT.

Masyarakat yang telah memenuhi area Bendungan Raknamo, terlihat setia menanti kedatangan orang nomor satu di RI. Oleh panitia, mereka disuguhkan makanan, dihibur juga dengan lagu-lagu yang dibawakan petugas.

Handrianus Imanuel

Handrianus Imanuel, warga Desa Raknamo menyatakan kegembiraannya karena Presiden Jokowi ingin mengunjungi desa mereka.

“Saya merasa bangga karena kami merasakan bentuk perhatian yang nyata dari presiden Jokowi,” kata Imanuel.