foto: ambuga/moral-politik.com

 

 
MORAL-POLITIK.COM – Sejarah peradaban dunia, Kekaisaran Tiongkok memainkan peranan yang cukup besar.

Dalam catatan-catatan yang ditinggalkan dinasti-dinasti Tiongkok, bisa kita telusuri peradaban tempat lain, salah satunya masa kepemimpinan Ratu Xi-Ma (Shima) di kerajaan Ka-ling atau Jawa.

Ka-ling adalah kerajaan bercorak Hindu yang muncul di Jawa Tengah sekitar abad ke-6 masehi.

Letak pusat kerajaan ini belum jelas, namun banyak literatur menyebut kemungkinan berada di suatu tempat antara Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Jepara sekarang.

Sebagaimana yang dihimpun W.P. Groeneveldt dalam buku ‘Nusantara dalam Catatan Tionghoa’ (Komunitas Bambu, 2009), Ratu Xi-Ma digambarkan sebagai seorang Ratu yang sangat adil dalam memimpin kerajaannya.

Ada dua versi yang dimiliki Groeneveldt, yaitu sejarah lama dinasti Tang (618-907) dan Sejarah Baru Dinasti Tang (618-907).

Dalam versi Sejarah Lama Dinasti Tang, tidak dijelaskan secara mendetail terkait masa kepemimpinan Ratu Xi-Ma di kerajaan Ka-ling.

Namun, dijelaskan dalam Sejarah Baru Dinasti Tang, pada 674 penduduk negeri ini mengangkat seorang wanita bernama Xi-Ma menjadi ratu mereka.

Ratu memerintah dengan sangat adil. Rakyatnya sangat jujur, bahkan barang-barang yang terjatuh di tanah pun tidak pernah dipungut mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 12 = 19