Foto: V.J. Boekan/Moral-politik.com

 

MORAL-POLITIK.COM – Jumat Agung adalah Hari Jumat sebelum Minggu Paskah, hari peringatan Penyaliban Yesus Kristus dan wafat-Nya di Golgota.

Dalam perayaan ini, ada berbagai hal yang direnungkan, yang kadang dilupakan manusia selama menjalani kesehariannya.

Perayaan Jumat Agung di Gereja Katedral Kristus Raja, Kota Kupang, Jumat (30/3/2018) pukul 15.00 WITA dipimpin RD. Dionisius Manikin.

Dalam kotbahnya, RD. Dionisius membeberkan antagonis kehidupan yang sering terjadi dalam keseharian umat manusia.

“Ada antagonis akhir zaman. Banyak rumah yang isinya semakin besar, tapi keluarga semakin kecil. Gelar manusia semakin tinggi, namun akal sehat semakin rendah,” kata RD. Dionisius mulai menyebut antagonis kehidupan itu.

Dalam kehidupan, manusia selalu mencari kebahagian, namun kadang kebahagian itu sulit ditemukan.

“Manusia melakukan refreshing keliling dunia, tapi tidak menemukan kebahagiaan. Penghasilan pun semakin meningkat, namun ketentraman jiwa semakin berkurang,” katanya di tengah keheningan umat.

“Kualitas ilmu manusia semakin tinggi, namun kualitas emosi manusia semakin rendah. Jumlah manusia semakin banyak, tapi kemanusiaan semakin berkurang. Dan pengetahuan manusia semakin bagus, sayangnya kearifan semakin berkurang,” imbuhnya dihadapan ribuan umat.

Dalam kehidupan, cinta kasih antar sesama manusia semakin sulit dimengerti. RD. Dionisius mengatakan, dalam dunia sekarang, kesetiaan dalam sebuah hubungan semakin berkurang.

“Perselingkuhan semakin marak, dan kesetiaan semakin berkurang. Banyak teman di dunia maya, tapi sedikit teman di dunia nyata,” terangnya.

Dalam antagonis kehidupan yang dibeberkan, RD. Dionisius juga menyinggung soal kekurangan air minum yang menjadi kebutuhan utama umat manusia.

“Minuman semakin banyak jenisnya, tapi kita kekurangan air bersih,” paparnya.

“Pakai jam tangan mahal, tapi tidak pernah tepati waktu. Belajar makin mudah, namun guru makin tidak dihargai. Orang yang rendah ilmunya banyak bicara, tapi yang tinggi ilmunya banyak terdiam,” tegasnya.


Penulis : Ambuga
Editor   : Erny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 19 = 29