Bupati Kupang Ayub Titu Eki. (Foto: V.J. Boekan/Moral-politik.com)

 

MORAL-POLITIK.COM – Bupati Kupang, Ayub Titu Eki (ATE) menargetkan akan membentuk Sekretariat Bersama di desa-desa untuk menampung aspirasi masyarakat.

“Kita akan buat sekretariat bersama di tingkat bawah, di desa-desa. Di sana, kita tempatkan tim ahli, sehingga apa yang disampaikan bisa benar-benar sesuai kebutuhan,” kata Ayub dalam Musrembang yang digelar di Oelamasi, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Senin (26/3/2018) Pukul 10.30 WITA.

Hal ini dilakukan agar anggaran yang direncanakan dan disiapkan dalam satu tahun bisa berjalan sesuai kebutuhan.

“Ini dilakukan agar uang yang dibelanjakan hanya pada kebutuhan yang prioritas, yang memiliki imbas terhadap perubahan yang diharapkan,” jelasnya.

Dia mengakui, dirinya pernah menghimbau dalam Musrenbang yang digelar tahun 2010 silam, bahwa segala hal yang direncanakan haruslah sesuai dengan kebutuhan prioritas.

“Tahun 2010 saya pernah katakan, apa yang kita rencanakan dalam setahun anggaran, haruslah sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kita melakukan penganggaran, selain sesuai dengan amanah dari pusat, tapi yang lebih penting, harus sesuai dengan kebutuhan dari bawah,” katanya.

“Perencanaan yang kita susun harus berkualitas, karena kita menggunakan anggaran negara yang terbatas. Kita menggunakan anggaran terbatas itu membangun hal-hal yang sangat prioritas,” imbuhnya menegaskan.

Dia menjabarkan, semua daerah membutuhkan air. “Sehingga kita prioritaskan. Kita mesti cermat memilih wilayah dalam pembangunan, dengan mengkaji imbas dari pembangunan itu,” katanya.

ATE mengatakan, tiap instansi perlu melakukan refleksi agar perencanaan yang dilakukan bisa mengakibatkan perubahan terhadap masyarakat.

“Saya harap agar dilakukan perubahan. Walaupun ada beberapa kesuksesan kecil, tapi lebih baik kita menganggap sukses kecil itu tidak ada. Karena yang kita harapkan adalah kesusksesan pembangunan yang lebih besar,” pungkasnya.

 

 

Penulis : Ambuga
Editor   : Erny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 6 = 3