foto: angga/moral-politik.com

 

 

MORAL-POLITIK.COM – Pengetahuan tentang jurnalistik semakin dibutuhkan, tidak hanya bagi pekerja media, tapi juga masyarakat umum, terutama bagi para pelajar.

Kondisi inilah yang mendorong Pemerintah Desa Tilang menggelar pelatihan jurnalistik guna membudayakan gemar menulis bagi generasi muda.

Sebanyak 25 anak yang tergabung dalam Forum Anak Desa (FORADES) Tilang mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik yang berlangsung, Sabtu (9/3/2018) di Aula Kantor Desa Tilang, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka.

Pada saat acara pembukaan, Kepala Desa Tilang, Rofinus I Moa Luer mengatakan, pelatihan jurnalistik ini dilakukan untuk membudayakan anak gemar menulis sejak dini terutama anak-anak yang berada di Desa Tilang.

“Anak-anak yang mengikuti pelatihan jurnalistisk tergabung dalam Forum Anak Desa Tilang. Sebanyak 25 anak yang mengikuti kegiatan ini,” tandasnya

Terkait pemateri jurnalistik, Kepala Desa Tilang mengatakan, ada dua pemateri yang kita datangkan. Dua pemateri ini profesinya wartawan yang bertugas di Maumere yaitu Marioa Sina dari media Ekora NTT, dan Moat Angga dari Moral-politik.com.

Ia berharap dengan pelatihan jurnalistik, anak-anak memiliki kegemaran menulis sejak dini dan ke depan akan menjadi bekal hidupnya.

“Pelatihan jurnalistik yang mereka dapat tentunya bisa diaplikasikan di sekolahnya seperti membuat majalah dinding (manding) sekolah dan lain-lain,” ungkapnya.

Berdasrakan pantuan media, Mario Sina dari media Ekora NTT membawakan materi tentang pengertian dan manfaat jurnalistik, teknik penulisan berita dan berita foto.

Sedangkan Moat Angga dari media Moral-politik.com membawakan materi tentag jenis-jenis berita, menulis berita langsung dan teknik wawancara.

Dalam pelatihan tersebut para peserta diajarkan tentang teori dan teknik penulisan yang baik dan menarik. Bukan hanya itu, peserta juga langsung diberi tugas untuk menulis berita langsung.

 

 
Penulis : Angga
Editor   : Erny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 + 6 =