Jefri Riwu Kore setelah mengikuti Rapat Paripurna DPR RI dan MPR RI tanggal 14 Agustus 2015 untuk mendengarkan pidato Presiden RI Joko Widodo. (Foto: Grup Facebook Jefri Riwu Kore)

MORAL-POLITIK.COM – Walikota Kupang Jefri Riwu Kore (Jefri) mengaku Pemerintah Kota Kupang belum berencana untuk mengadaakan mutasi pejabat struktural.

Pejabat eselon yang dimaksud di lingkup pemerintah Kota Kupang, baik itu untuk eselon IV, III, dan eselon II.

Alasan belum adanya mutasi karena porsi untuk mengatur mutasi kewenangannya telah diberikan pihaknya kepada Wakil Walikota Kupang Hermanus Man (Herman). Namun saat ini dirinya mengaku belum menerima laporan atau surat pemberitahuan dari Herman terkait mutasi.

“‎Kita sudah berbagi tugas. Kewenangan untuk mutasi sudah saya serahkan kepada Wakil jadi saya hanya menunggu saja kapan pelaksanaannya. Tapi sampai saat ini Pak Wakil belum menyampaikan kepada saya soal mutasi. Yang pasti dalam waktu dekat belum ada mutasi,” tegas Jefri.

‎Jefri menegaskan kembali bahwa kewenangan mutasi pejabat, baik itu eselon IV, III, dan II telah dipercayakan sepenuhnya kepada wakil walikota. Hal itu merupakan komitmen dari kami berdua, sebab yang betul memahami tentang masalah birokrat, dan personilnya adalah wakil walikota.

“Jadi kalau ada surat yang akan saya tandatangani menyankut mutasi, pasti akan saya tandatangani, karena kewenangan telah diberikan sepenuhnya kepada wakil saya,” katanya.

Meskipun begitu, Jefri mengaku, dalam mutasi pejabat nantinya, sangat diharapkan pejabat yang dipilih benar benar berkompeten dan dapat menjalan program-program kepala daerah dengan baik, sehingga ada kemajuan dalam pembangunan di Kota Kupang.

Selain itu, dalam proses pemilihan pejabat, melalui suatu uji kelayakan yang melibatkan tim penguji yang profesional, agar pejabat yang ditunjuk dan dilantik memang paham akan tugas pokok dan dan fungsinya dengan benar.

 
Penulis : Nyongki
Editor   : Erny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

53 − = 52