Johanna Lisapaly. (Foto: Ambuga?Moral-politik.com)

MORAL-POLITIK.COM – Sebanyak 332 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Nusa Tenggara Timur (NTT) akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018.

“Saat ini kami sudah memiliki daftar tetap sekolah-sekolah yang akan mengikuti UNBK tahun 2018. Jumlah keseluruhan SMA/SMK yang mengikuti UNBK sebanyak 332 sekolah,” kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi NTT Johanna Lisapaly kepada Moral-politik.com di Kota Kupang, Selasa (13/3/2018).

Jumlah itu, kata dia, merupakan gabungan antara sekolah-sekolah baik sekolah negeri, swasta maupun kejuruan.

“Untuk tahun ini, yang mengikuti UNBK ada 100 SMA negeri, 94 SMA swasta, dan 138 SMK,” ungkapnya.

Sementara jumlah sekolah yang akan mengikuti Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP), lanjut Lisapaly, sebanyak 499 sekolah.

“Jumlah ini adalah akumulasi dari SMA sebanyak 373 sekolah dan SMK sebanyak 126 sekolah,” terangnya.

Menurut dia, jumlah sekolah yang bisa mengikuti UNBK di provinsi berbasiskan kepulauan ini menunjukkan progres pertumbuhan yang cukup signifikan karena naik lebih dari 200 persen dalam dua tahun terakhir.

Kondisi itu, lanjutnya, sejalan dengan dukungan kesiapan sekolah serta alokasi bantuan fasilitas berupa komputer dari pemerintah pusat maupun anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

“Total sekolah yang mengikuti UNBK tahun ini menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, sekitar 200 persen. Karena tahun sebelumnya, jumlah sekolah yang mengikuti UNBK hanya 105 sekolah,” ungkapnya.

Lisapaly menambahkan, pemerintah terus mendorong agar pada tahun-tahun mendatang semua sekolah di daerah setempat bisa melaksanakan UNBK, mengingat nilai positifnya jauh lebih baik terutama dari aspek penghematan biaya.

“Kalau ujian nasional kertas pensil (UNPK) kan butuh biaya cetak kertas, distribusi, pengamanan, dan sebagainya. Selain itu, objektivitas hasil ujian dari para peserta didik juga lebih terjamin karena semunya menggunakan sistem komputerisasi,” pungkasnya.

 

Penulis : Ambuga
Editor   : Erny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

34 − = 26