Zet Batmalo. (foto: terasntt.com)

MORAL-POLITIK.COM – Banyaknya penjual daging babi yang menggelar dagangannya di Kelurahan Oebufu, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Lurah Oebufu Zet Batmalo bersikap.

Lurah Batmalo akhirnya mengeluarkan larangan agar warga tak boleh berjualan daging di tepi jalan atau biasa di gantung di pohon. Pasalnya, tidak terjamin higienitasnya.

Ia berharap para pedagang berjualan di tempat yang layak. Dengan demikian kualitasnya tetap terjaga dengan baik dan aman dikonsumsi.

“Kami sudah lakukan pembinaan kepada para pedagang agar mereka tidak lagi menggantung daging di batang pohon,” ungkap

di ruang kerjanya, Senin (12/3/2018) siang.

Ia juga mengimbau masyarakat yang hendak membeli daging agar membeli di tempat yang layak. Dengan demikian bisa menghindari daging yang tidak sehat.

Selain itu, dengan berjualan di pinggir jalan akan mengganggu keindahan. Kota Kupang merupakan ibukota provinsi yang perlu dijaga keindahannya.

“Saya harap pengertian baiknya untuk sama-sama menjaga kota ini lebih baik dan juga menjamin makanan yang kita jual adalah higienis,” katanya.

Dijelaskan, lokasi yang paling banyak menjadi tempat jualan daging yakni di sepanjang RT 4 yang merupakan daerah perbatasan dengan Kelurahan Liliba. Untuk itu, sebagai pintu masuk di wilayah Kelurahan Oebufu, para pedagang diminta tidak lagi menggantung daging di batang pohon.

Ian menegaskan, jika teguran demi teguran tidak diindahkan maka pihak kelurahan akan bertindak dengan melibatkan aparat.

Sementara mengenai kebersihan lingkungan, ia selalu mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan tempat terutama pada area drainase.

Di samping itu, masyarakat juga harus menerapkan pola hidup bersih dengan melaksanakan 3M (menguras, menutup, dan mengubur barang bekas yang berpotensi menampung air hujan).

“Dengan begitu, masyarakat akan terhindar dari penyakit demam berdarah dengue (DBD) serta berbagai penyakit berbahaya lainnya,” pungkas dia.

 

Penulis : Nyongki
Editor   : Erny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

51 − = 50