Foto: Kupang.go.id/Moral-politik.com

MORAL-POLTIK.COM – Wakil Walikota Kupang Hermanus Man mengatakan, keberadaan olahraga Tarung Derajat wajib dijaga dan dilestarikan secara berkelanjutan.

Pasalnya, Tarung Derajat merupakan salah satu olahraga bela diri yang berasal dari bangsa sendiri dan telah banyak melahirkan atlet dan praktisi bela diri yang telah benyak mengukir prestasi.

“Tarung Derajat merupakan olahraga bela diri wajib untuk keperluan bela negara bagi TNI,” ujar Hermanus Man pada acara pelantikan pengurus cabang Olahraga Tarung Derajat Kota Kupang di Aula Sasando Kantor Wali Kota Kupang Senin (19/3/2018).

Dengan terbentuknya pengurus baru tersebut, kata dia, diharapkan agar pengkaderan dan pembinaan atlet bela diri Tarung Derajat dapat berkesinambungan dan menorehkan prestasi yang membanggakan bagi Kota Kupang, baik dalam event kejuaraan daerah, regional dan tingkat Nasional. Apalagi Tarung Drajat sudah masuk cabang olahraga yang dipertandingkan dalam pesta olah raga nasional (PON).

Herman Man juga mengimbau kepada para praktisi bela diri, atlet Tarung Derajat serta semua masyarakat Kota Kupang agar senantiasa mendukung tumbuhnya jiwa dan semangat berolahraga, salah satunya melalui bela diri Tarung Derajat di Kota Kupang.

“Saya berharap dengan dilantiknya pengurus baru ini, semoga dapat membawa angin segar bagi perkembangan olahraga bela diri khusunya Tarung Derajat, serta menumbuhkan bibit atlet potensial dalam olaraga Tarung Derajat,” ujarnya.

Andreas W Koreh

Semenatara Ketua Keluarga Tarung Derajat NTT Andreas W. Koreh mengatakan, Olahraga Tarung Derajat termasuk olaraga baru di NTT, juga di Kota Kupang. Kendati baru hadir, namun olahraga ini telah memberikan kontribusi besar bagi NTT.

“Meski baru hadir, namun olahraga ini telah memiliki banyak atlit potensial dan memberikan kontribusi besar bagi NTT, yakni setiap kali gelaran PON, olahraga ini selalu mendapatkan medali,” sebutnya.

Disebutkan Andre, olahraga ini akan terus berbena dalam membina generasi muda NTT, agar kedepannya bisa memberikan kontribusi dan mengharumkan nama NTT.

Andre memberikan penghargaan dan apresiasi kepada Pemerintah Kota (Pemkot) yang telah memfasilitasi kehadiran olahraga Tarung Derajat di Kota Kupang.

Fransiskus

Sedangkan Ketua Keluarga Tarung Derajat Kota Kupang, Fransiskus mengatakan bahwa olahraga Tarung sejati merupakan gabungan dari beberapa bela diri asli Indonesia yang kemudian dikombinasikan.

Ia berharap, keberadaan Olahraga Tarung Derajat di Kota Kupang dapat meningkat dan menumbuhkan bakat-bakat potensial generasi muda Kota Kupang, untuk kemudian berprestasi, baik di tingkat daerah maupun Nasional.

 

 

Penulis : Nyongki
Editor   : Erny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

42 − = 41