Daniel Hurek berposes di tempat rekreasi di belakang pertokoan, Kampung Solor, Kota Kupang diokupasi pengusaha. (foto: kupang.uri.co.id/moral-politik.com)

 

MORAL-POLITIK.COM – Tidak semua orang menghujat isu dugaan suap yang diterima oleh oknum Anggota DPRD Kota Kupang.

Sama halnya dengan Anggota DPRD Kota Kupang asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Hurek, dirinya memiliki pandangan beda soal cara penyelesaian masalah terkait akun Facebook Rudyanto Tonubessi, yang menyebut ada oknum Anggota DPRD Kota Kupang menerima uang sebanyak Rp 500 juta dari manajemen Transmart Kupang (Baca: “Mall Kupang”).

Mantan Wakil Walikota Kupang ini menyebut bahwa terkait masalah tersebut harus diselesaikan secara politik terlebih dahulu sebelum menempuh langkah hukum dengan melaporkan ke polisi. Langkah politik yang dimaksud, pihak DPRD Kota Kupang memanggil manajemen Transmart untuk dilakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama untuk mencarii tahu jawaban dari pihak Transmart‎ soal kebenaran postingan di akun Facebook dimaksud.‎

Kepada wartawan di Gedung DPRD Kota Kupang, Rabu (7/3/2018), Hurek mengatakan langkah dari puluhan anggota DPRD yang melapor akun tersebut merupakan langkah yang baik juga, karena yang disebut institusi DPRD, dan hal ini tidak bisa dibiarkan karena menyangkut persepsi masyarakat terhadap lembaga DPRD.

Hanya saja langkah yang ditempu dengan melapor ke pihak kepolisian merupakan langkah terburu-buru, padahal masih ada cara lain untuk mengungkapkan kebenaran masalah ini.

‎”Benar atau tidak isu tersebut, harus ada pendekatan institusi antara DPRD dan manajemen Transmart. Lembaga DPRD merupakan lembaga publik yang dikontrol oleh masyarakat. Dan apa yang dilakukan Rudyanto Tonubessi merupakan kontrol publik. Hanya saja kebenarannya juga dipertanyakan. Untuk itu seharus pihak DPRD mengundang Transmart. Apalagi DPRD punya hak untuk memanggil siapa saja untuk memberikan klarifikasi,” pungkas Hurek.‎

 

 

Penulis : Nyongki
Editor  : Erny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

25 − 19 =