Massa PBB di luar kantor Bawaslu (Foto: Muhammad Fida/detikcom)

 

MORAL-POLITIK.COM – Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) soal eksistensi Partai Bulan Bintang (PBB) di Pemilu 2019 digugat ke Bawaslu.

Detik.com melansir, Bawaslu memutuskan PBB sebagai peserta Pemilu 2019. Putusan itu membatalkan keputusan KPU sebelumnya.

Keputusan itu disambut massa dari PBB di luar kantor Bawaslu dengan teriakan takbir. Mereka juga berselawat menyambut putusan tersebut.

“Takbir!” pekik massa yang berada di luar kantor Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (4/3/2018).

Sebelumnya dalam sidang ajudikasi, Bawaslu memutuskan PBB jadi peserta Pemilu 2019. Bawaslu juga memerintahkan KPU melaksanakan putusan ini paling lambat 3 hari setelah keputusan dibuat.

“Memerintahkan kepada KPU untuk menetapkan PBB sebagai partai politik peserta Pemilu DPR-DPRD RI tahun 2019,” kata Ketua Bawaslu yang menjadi Ketua majelis pemeriksa sidang, Abhan.

Sebelumnya, PBB dan KPU telah menjalani 5 kali sidang gugatan. PBB menggugat KPU terkait keputusan KPU yang menyatakan PBB tidak lolos sebagai peserta Pemilu 2019.

PBB dinyatakan tidak lolos karena tidak dapat menghadirkan anggotanya pada saat verifikasi di Kabupaten Manokwari Selatan. Karena hal ini, status akhir PBB dinyatakan Belum Memenuhi Syarat (BMS). Namun oleh Bawaslu, keputusan itu dibatalkan.

 

 

Penulis  : Muhammad Fida Ul Haq
Editor    : Muhammad Fida Ul Haq, Athen
Sumber : Detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

70 + = 72