Ilustrasi. (foto: jpnn.com)

MORAL-POLITIK.COM – Terhitung mulai besok, Kamis (22/3/2018), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kupang tidak lagi mencetak e-KTP.

Pasalnya ketersediaan blangko e-KTP telah habis.

“Hari ini blangko yang tersisa cuma 200 keping dan semuanya sudah digunakan untuk pencetakan. Sedangkan mukai besok pencetakan tidak lagi dilakukan,” kata Kadispendukcapil Kota Kupang David Mangi kepada wartawan di Kota Kupang, Rabu (21/3/2018) siang.

Mangi mengatakan, alokasi dari kementerian dalam negeri (Kemendagri) untuk Kota Kupang pada awal tahun 2018 sebanyak 14 ribu keping. Dari jumlah sebanyak itu telah dimanfaatkan untuk mencetak e-KTP bagi masyarakat Kota Kupang yang telah melakukan perekaman sejak tahun 2016.

Namun, kata dia, jumlah alokasi tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan karena masih tersisa 20 ribu warga yang belum mendapatkan e-KTP.

Ia mengaku terhadap kekurangan itu, pihaknya telah mengajukan blangko tambahan ke kementerian sebanyak 20 ribu keping. Pengajuan permintaan blangko e-KTP merupakan kali kedua yang dilakukan dispendukcapil.

“Dalam pekan ini pencetakan e-KTP tidak bisa dilakukan. Paling banter pekan depan pencetakan sudah bisa dilakukan, karena sesuai perkiraan blangko kiriman kementerian sudah tiba pada Senin (26/3/2018) dan pencetak sudah dilakukan keesokan harinya.

 

Penulis : Nyongki
Editor   : Erny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 1 = 3