Pengerjaan Bendungan Rotiklot di Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)). foto: erny/moral-politik.com

MORAL-POLITIK.COM – Pembangunan Bendungan Rotiklot di Kabupaten Belu menelan anggaran sebesar Rp 490 miliar, akan rampung pada bulan April mendatang.

Perampungan pengerjaan bendungan tersebut jika tidak ada aral melintang yang menghalangi.

Kepala Proyek (Kapro) PT. Nindya Karya, Ahmad Dai Roby selaku kontraktor pelaksana pembangunan Bendungan Rotiklot kepada wartawan di Kota Kupang, Sabtu (10/3/2017) menuturkan, pembangunan bendungan dengan kapasitas penampungan sebanyak 3,3 juta kubik itu, dijadwalkan berlangsung selama 36 bulan, terhitung sejak tahun 2016 lalu. Namun pihak kontraktor bekerja dengan cepat agar pekerjaan lebih cepat dari kalender kerja.

“Sebenarnya, kalau curah hujan tidak turun dengan intensitas yang tinggi sejak Oktober tahun lalu, mungkin awal tahun fisik bendungan sudah selesai dikerjakan. Akan tetap hujan yang turun terus menerus menjadi penghambat lancarnya pembangunan,” katanya.

Ia mengaku, realisasi fisik pembangunan saat ini sudah mencapai 94 persen‎. Namun pekerjaan masih sedikit mengalami hambatan, sebab pekerjaan penggalian terowongan terakhir, masih menghadapi kendala karena curah hujan yang masih tinggi, dan seringkali terjadi banjir, sehingga diperkirakan paling lambat bulan April semua pekerjaan fisik sudah rampung dikerjakan.

Ia mengaku, jika bendungan Rotiklot rampung dikerjakan dengan kapasitas tampung sebesar itu 3,3 Juta kubik, maka bisa mengairi 137-150 hektar sawah dan kebun palawija. Kapasitas bendungan juga bisa menyediakan air bersih dengan debet sebesar 40 liter perdetik.

Ketika disinggung apakah bendungan Rotiklot bisa difungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga air, Ahmad mengaku bendungan Rotiklot tidak bisa dijadikan pembangkit listrik tenaga air karena kapasitas bendungan yang sangat kecil.

“Kapasitas Rotiklot sangat kecil sehingga tidak bisa dijadikan pembangkit tenaga listrik,” pungkasnya.

Sebelumnya media ini pernah mewartakan…

Inilah fakta ‘progress’ pembangunan Bendungan Rotiklot

Penulis : Nyongki
Editor   : Erny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

26 + = 32