Prabowo Subianto yang masih belum memutuskan akan nyapres atau tidak (Foto: Facebook Prabowo Subianto)

MORAL-POLITIK.COM – Belum pastinya sikap Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto nyapres menimbulkan diskursus hangat.

Bahkan mulai ditelusuri siapakah sosok yang pertama kali menyatakan Prabowo nyapres.

Detik.com melansir, pernyataan Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Hashim Djojohadikusumo menimbulkan tanda tanya mengenai peluang Prabowo Subianto kembali nyapres.

Secara tersirat, Hashim mengesankan ada kemungkinan Prabowo tak maju di Pilpres 2019. Benarkah?

“Yang menentukan semua Tuhan Yang Maha Esa. Anda percaya itu. Anything is possible,” ungkap Hashim di gedung DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (28/3/2018).

Meski begitu, Hashim menyebut hingga saat ini Prabowo masih memiliki keinginan untuk maju di Pilpres 2019. Namun soal deklarasi, eks Danjen Kopassus itu disebut masih mempertimbangkan sejumlah hal.

“Maju,” ujar Hashim.

“(Mempertimbangkan) faktor kesehatan, ada faktor apa, ada banyak faktor,” imbuhnya.

Hashim pun menampik bila dikatakan salah satu pertimbangan Prabowo tak maju capres adalah persoalan uang. Menurut dia, sang kakak masih memiliki modal logistik yang cukup untuk kembali melenggang di Pilpres 2019.

“Masih, masih cukuplah,” ucapnya.

Soal deklarasi Prabowo sebagai capres, Hashim juga menyebut itu menunggu hasil pilkada serentak 2018 yang akan berlangsung pada Juni mendatang. Prabowo menurutnya akan langsung mendeklarasikan diri sebagai capres jika Gerindra memenangi Pilkada Serentak 2018, khususnya di 17 pilgub.

“Itu bisa juga menunggu hasil pilkada. Kalau menang 17 provinsi, wah langsung deklarasi kan,” sebut Hasyim.

Padahal deklarasi Gerindra disebut-sebut akan berlangsung pada 11 April nanti. Deklarasi itu rencananya digelar di kawasan Sentul City, Bogor, Jawa Barat, dalam acara Rakornas Gerindra.

“Iya, rencananya begitu (tanggal 11 April deklarasi capres Prabowo),” kata Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

Gerindra membantah isu liar yang menyebut Prabowo tidak akan maju kembali sebagai capres. Purnawirawan bintang tiga TNI itu dipastikan tetap akan maju di pilpres mendatang.

“Jadi, bahwa menanggapi rumor, isu-isu bahwa Pak Prabowo tidak jadi maju, sekali lagi kami tegaskan bahwa Pak Prabowo Insya Allah sudah final maju jadi calon presiden,” tegas Wasekjen Gerindra Andre Rosiade bicara soal isu liar Prabowo urung nyapres, Rabu (28/3).

Prabowo sendiri hingga saat ini belum memastikan apakah ia akan maju lagi. Terbaru, dia menyatakan masih ingin melakukan safari untuk menampung aspirasi sebelum benar-benar memutuskan apakah akan nyapres atau tidak.

“Apakah saya nyalon lagi? Saya sering ditanya itu. Jawabannya adalah saya akan keliling dulu untuk menampung aspirasi rakyat,” beber Prabowo saat berpidato di hadapan ratusan kader Gerindra di Cirebon, Rabu (28/3).

Prabowo menegaskan siap maju menjadi capres jika masyarakat Indonesia masih membutuhkannya. Namun, jika tidak dibutuhkan, eks Danjen Kopassus itu pun menyatakan siap mengurungkan diri untuk nyapres.

“Kalau rakyat membutuhkan saya, saya siap (capres). Saya sebagai patriot tentu harus maju,” tukasnya.

Jadi, nyapres atau tidak Pak Prabowo?

 

 

Penulis  : Elza Astari Retaduari
Editor    : Rna, Athen
Sumber : Detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

63 − 62 =