Ketum PSI Grace Natalie (Foto: Muhammad Ridho-detikcom)

MORAL-POLITIK.COM – Partai politik (parpol) yang bukan koalisi ini mengusulkan kepada Partai Gerindra terkait bakal calon wakil presiden.

Detik.com melansir, NasDem mengusulkan Habib Rizieq Syihab dijadikan cawapres untuk Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Namun Ketua Umum PSI Grace Natalie menilai Rizieq akan sulit menjadi cawapres untuk Prabowo.

“Rasanya sulit karena selama ini Pak Prabowo selalu mengambil posisi berseberangan,” ujar Grace Natalie kepada wartawan di Kantor DPP PSI, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta, Minggu (25/3/2018).

Selain itu, Grace juga menilai Rizieq akan sulit menjadi capres pada pilpres 2019 lantaran harus diusung oleh sejumlah partai politik. Siapapun yang ingin maju capres atau cawapres tidak bisa melalui independen dengan mengumpulkan dukungan KTP.

“Kalau mau jadi capres atau cawapres yang pasti tidak bisa independen harus melalui parpol. Jadi coba saja dijajaki dari para parpol, apakah memang sudah komunikasi dan berniat realisasikan dalam bentuk suatu keputusan partai memang mau mengusung Habib Rizieq,” tutur Grace.

“Ya pertama ada tiket parpol atau nggak. Kemudian nggak cukup satu karena harus 20 persen, jadi harus ada sejumlah parpol ada atau nggak,” imbuh dia.

Meski begitu, PSI tidak bisa melarang Rizieq jika ingin maju capres atau cawapres. Sebab, seluruh orang berhak untuk dipilih atau maju capres.

“Kalau memang ada parpol ya silahkan saja nanti masyarakat akan menentukan apakah memberikan amanan untuk memimpin rakyat Indonesia kepada yang bersangkutan. Jadi sesuai kontitusi saja ada jalur capres dan cawapres,” jelas dia.

Partai NasDem sebelumnya menyatakan, bisa saja Habib Rizieq Syihab maju Pilpres jika ada parpol yang ingin mengusungnya. NasDem juga membayangkan jika Ketum Gerindra Prabowo Subianto berduet dengan Rizieq.

“Saya kira aspirasi temen-temen dan masyarakat kita dengar dan serap, bahwa seruan Pak Habib agar partai berkoalisi itu kita serap. Karena beliau adalah ulama dan bagian dari masyarakat yang memang perlu kita dengar pendapatnya,” kata Ketua DPP NasDem Effendy Choirie (Gus Choi), kemarin.

 

Penulis  : Faiq Hidayat
Editor    : Rvk, Erny
Sumber : Detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 32 = 34