foto: angga/moral-politik.com

 

 

MORAL-POLITIK.COM – Pemandangan umum Fraksi-Fraksi terhadap Pidato Pengantar Bupati Sikka atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban APBD 2017 berlangsung di Kantor DPRD Kabupaten Sikka, Jumat (9/3/2018).

Dalam pemandangan umum tersebut, Ketua Fraksi NasDem Kabupaten Sikka Silverius Angi menilai kepemimpinan Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera dan Wakil Bupati Sikka Poulus Nong Susar (ANSAR) tidak hanya sebagai seorang pemimpin biasa, tetapi telah menorehkan beberapa prestasi spektakuler yang patut diberikan apresiasi tinggi.

Menurutnya, di bawah kepemimpinan ANSAR, Kabupaten Sikka mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten dengan HAM terbaik tiga kali berturut-turut, taman laut Maumere mendapatkan juara satu sebagai tempat menyelam terbaik Indonesia, dan dalam sistem pengelolaan keuangan daerah, Sikka mendapatkan penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Banyak prestasi di bawah kepemimpinan ANSAR selama memimpin Kabupaten Sikka,” ungkapnya.

Politisi NasDem ini menyampaikan Fraksi NasDem memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi – tingginya kepada Yoseph Ansar Rera dan Poulus Nong Susar atas berbagai prestasi dalam membangun Kabupaten Sikka.

“ANSAR telah membuat mimpi jadi kenyataan. ANSAR telah membuat mimpi jadi kenyataan. ANSAR tulus membangun Nian Tanah Sikka!” tandas Silfan Angi ini.

Sementara itu, dalam pemandangan Fraksi PAN yang dibacakan oleh Filario Charles Bertrandi menegaskan, kepemimpinan Yoseph Ansar Rera dan Poulus Nong Susar jumlah penduduk miskin bertambah sebanyak kurang lebih 200 jiwa.

Dalam penyampaian pemerintah, pertumbuhan ekonomi meningkat dari 4,3 % menjadi 4,87% dan menurunnya inflasi Kota Maumere dari 3,89 % menjadi 3,62 % serta meningkatnya pendapatan perkapita dari Rp 11.183.028 menjadi Rp 11.900.246. Namun pertumbuhan positif ini tidak berdampak baik untuk menurunkan jumlah penduduk miskin di Kabupaten Sikka dari 14,28 % menjadi 14,33 %, atau bertambah sebanyak kurang lebih 200 Jiwa.

Lanjutnya, tidak masuk akal karena alasan faktor penyebab naiknya jumlah penduduk miskin diakibatkan naiknya harga BBM yang berakibat pada naiknya 52 jenis makanan dan 51 jenis non makanan.

Hemat Fraksi PAN, kata Charles, pada tahun 2017 tidak pernah terjadi kenaikan harga BBM dan jika terjadi kenaikan BBM jelas akan meningkatkan harga barang secara keseluruhan, dan hal ini akan menyebabkan naiknya inflasi oleh karena itu alasan pemerintah salah.

Fraksi PAN juga meminta penjelasan pemerintah terkait perbedaan data antara pidato pengantar LKPJ Bupati tahun anggaran 2017 tidak konsisten dengan buku LKPJ Bupati tahun anggaran 2017, khususnya grafik 1.1 tentang pertumbuhan ekonomi sampai grafik 1.7 tentang inflasi Kota Maumere yang tidak menerangkan capaian tahun 2017.

 

 

Penulis : Angga
Editor  : Erny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 + 9 =