Sekjen NasDem Johnny G. Plate (Ari Saputra/detikcom)

 
MORAL-POLITIK.COM – Keputusan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto membuka baju saat diarak, diapresiasi plus minus oleh Partai NasDem.

Detik.com melansir, Partai Gerindra menilai aksi telanjang dada Prabowo Subianto adalah bukti bahwa kandidat capresnya itu sehat. Namun keterangan itu justru membuat partai pro-Jokowi bertanya-tanya.

“Apakah ada yang ragu atau mengkhawatirkan kesehatan Pak Prabowo? Kenapa persoalan kesehatan ini begitu dieksploitasi soal kesehatannya?” ujar Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate kepada detikcom, Kamis (12/4/2018).

Johnny berharap semua kandidat capres dan cawapres sehat semua. Namun, soal kesehatan, pembuktiannya jelas bukan dari keberanian telanjang dada, namun dari hasil cek medis.

“Kesehatan ditunjukkan bukan dari telanjang dada, tapi dari data medis,” ujar Johnny.

Menurut Johnny, politik Indonesia adalah politik berpakaian. Dia kemudian menyebutkan rentetan para Presiden RI, dari Sukarno sampai Jokowi, yang selalu apik dalam berpakaian.

“Gus Dur juga selalu mengenakan batik dan mengedepankan pakaian nasional kita yang mendunia itu. Bu Megawati cantik berpakaian. Pak SBY, karena badannya bagus, maka gagah memakai jas. Pak Jokowi juga gagah berpakaian nasional dan daerah,” tutur Johnny.

Bahkan si Kopassus sekalipun, satuan TNI yang pernah dipimpin Prabowo, perayaan dengan cara digotong ramai-ramai juga dilakukan dengan seragam dan aksesori lengkap. “Lengkap dengan tongkat komando,” kata dia.

“Tak ada di Indonesia yang berpolitik telanjang. Di Indonesia, politiknya adalah politik berpakaian,” imbuhnya.

Namun, Johnny tetap menyisakan pandangan simpatik untuk Prabowo. Dia berharap aksi telanjang dada Prabowo merupakan wujud tekad untuk selalu terbuka kepada publik.

“Mungkin ini gaya baru politik Indonesia yang bertelanjang-telanjangan. Ya telanjang dada dulu, nanti telanjang dalam artian soal keterbukaan, bukan bajunya saja, namun juga manajemennya,” tutur Johnny.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman menuturkan aksi telanjang dada Prabowo adalah bukti sehatnya mantan Komandan Jenderal Kopassus itu.

“Beliau terlihat fit dan sehat. Kalau capres lain mungkin fisiknya nggak sanggup pidato dari pagi sampai malam, lalu diarak seperti itu,” kata Habiburokhman siang tadi.

 
Penulis  : Danu Damarjati
Editor    : Ams, Athen
Sumber : Detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 + 1 =