Kepala Puskesmas Manutapen drg. Hariyono. (Foto: Nyongki/Moral-politik.com)

 

MORAL-POLITIK.COM – Gerakan “Ketuk Pintu” mendeteksi penderita penyakit Tuberclosis (TBC) di Puskesmas Manutapen, ditemukan 4 orang penderita TBC.

Gerakan “Ketuk Pintu” ini diluncurkan pekan lalu oleh Wakil Walikota Kupang, Hermanus Man.

Kepala Puskesmas Manutapen, drg. Hariyono yang ditemui Moral-politik.com di Puskesmas Manutapen, Jumat (20/4/2018) mengatakan, gerakan “Ketuk Pintu” untuk mengetahui penderita TBC, Puskesmas Manutapen telah mengidentifikasi sebanyak 856 pintu warga Manutapen. Melalui gerakan “Ketuk Pintu” tersebut para kader dan tenaga kesehatan Puskesmas menemukan sebanyak 29 orang yang suspect atau mengalami gejala TBC.

“Dari 29 yang suspect tersebut saat dilakukan pemeriksaan ditemukan 4 orang positif terinfeksi TBC,” kata Hariyono.

Berkaitan pemeriksaan, jelas Hariyono, ada dua tahapan yang dilakukan guna mengetahui seseorang positif terinfeksi TBC, yakni melalui pemeriksaan dahak, dan rontgen.

“Untuk 4 orang yang ditemukan positif terinfeksi TBC, melalui hasil pemeriksaan dahak ditemukan dua orang positif TBC,” yakin dia.

Sedangkan untuk dua orang, lanjut Hariyono, melalui hasil pemeriksaan dahak tidak ditemukan, sehingga dirujuk ke rumah sakit untuk dilakukan rontgen, dan hasilnya terdapat bercak-bercak pada paru-parunya, sehingga dinyatakan positif TBC.

“Mereka yang positif TBC ini terdiri dari tiga orang pasien laki-laki dan satu pasien perempuan. saat ini mereka sedang mendapat perawatan intensif di Puskesmas,” tambahnya.

Dalam penanganan penderita TBC, sebut dia, penderita harus minum obat secara rutin selama 6 bulan. Untuk itu dalam penanganan bagi penderita TBC dibutuhkan peran semua pihak yakni keluarga, tetangga dan sobat terdekat dapat membantu dalam mengingat si penderita dalam mengkonsumsi obat, agar bisa cepat sembuh.

“Namanya penyakit harus disembuhkan dengan cara minum obat secara rutin. Apalagi mereka yang mengalami sakit tersebut adalah orang tersayang,” tuturnya.

 

 

Penulis : Nyongki
Editor   : Erny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 + = 10