Walikota Kupang Jefri Riwu Kore dan Wakil Walikota Kupang Herman Man. (Foto: Nyongki/Moral-politik.com)

 

MORAL-POLITIK.COM – Wakil Walikota Kupang Herman Man tak sanggup menutup-nutupi tindak lanjut dari kerjasama dengan PDAM Kabupaten Kupang, Tirta Lontar.

Kerjasama pengelolaan air minum antara Pemerintah Kota Kupang dan Pemerintah Kabupaten Kupang, diakui Herman masih belum ditindaklanjuti meskipun penandatanganan perjanjian kerjasama antarakedua pemerintahan sudah dilakukan. Hal ini disebabkan PDAM Tirta Lontar Bening milik pemerintah Kota Kupang belum mempunyai direktur defenitif.

“Sampai saat ini belum ada tindaklanjut kerjasama antara kami dengan Pemerintah Kabupaten Kupang dalam perluasan pelayanan kepada masyarakat kota, karena jabatan Direktur PDAM masih bersifat sementara (Plt),” kata dia.

Herman mengaku saat ini pihaknya sementara mempersiapkan tim seleksi calon Direktur PDAM, sehingga sangat diharapkan dalam bulan ini proses perekrutannya sudah bisa terlaksana.

“Dulunya kami perkirakan Plt Direktur PDAM hanya enam bulan menjabat. Namun karena tim seleksinya diambil dari Jakarta sehingga butuh waktu. Untuk itu dalam waktu dekat akan diupayakan agar proses seleksi sudah bisa dilakukan,” ujarnya.

Ia mengaku, selama ini pihak PDAM Tirta Lontar milik Pemkab Kupang sudah melayani di Kota Kupang dengan jumlah pelanggan yang sudah mencapai 32 ribu orang. Namun seiring kebutuhan masyarakat yang terus bertambah akibat pertumbuhan penduduk terus meningkat, pemerintah kota ingin PDAM milik Pemkab Kupang itu dapat memperluas jaringan sebanyak mungkin untuk menjawab kebutuhan masyarakat Kota Kupang akan air bersih.

Adrianus Talli

Terpisah anggota DPRD Kota Kupang Adrianus Talli mengharapkan proses Dirut PDAM dapat dipercepat agar perjanjian kerjasama dapat ditindaklanjuti dengan pelayanan yang nyata.

“Kebutuhan akan air baku bagi warga sangat tinggi, maka salah satu upaya menjawabnya yakni kerjasama yang sudah terlaksana dapat dilakukan dengam aksi nyata. Apalagi 4 reservoir yang baru di bangun tahun 2017 semuanya belum berfungsi, sebab belum ada jaringan yang terpasang,” kata anggota pansus ini.

 

 

Penulis : Nyongki
Editor   : Erny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 − = 17