Jeri Padji Kana. (foto: kupang.tribunnews.com)

 

MORAL-POLITIK.COM – Ditemukannya ikan kaleng bercacing, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag) Kota Kupang, rutin lakukan pengawasan.

Pengawasan dimaksud terhadap barang dagangan yang dijual oleh pelaku usaha di Kota Kupang.

Kepala Dinas Disprindag Kota Kupang, Jeri Padji Kana yang ditemui Moral-politik.com di Kantor DPRD Kota Kupang, Senin (3/4/2018) mengatakan, pengawasan akan barang-barang baik yang terbungkus maupun dikalengkan seperti ikan kaleng yang bermasalah tersebut, rutin dilakukan Disprindag.

“Dalam melakukan pengawasan ini tentunya tidak hanya dilakukan oleh Disprindag sendiri, namun kami juga membangun koordinasi dengan Balai POM. Karena hal ini berkaitan dengan sterilisasi akan kesehatan barang-barang yang dijual kepada konsumen,” lanjutnya.

Disinggung dalam pengawasan sudah ditemukan barang-barang yang tidak layak dikonsumsi atau belum, kata Kana, hingga saat ini belum ditemukan, termasuk soal masalah ikan kaleng berdaging.

“Sejak persoalan ikan kaleng bercacing muncul, dalam pengawasan kami tidak ditemukan.Hal ini kemungkinan ikan kaleng tersebut sudah ditarik dari para perdagang baik dipasar, swalayan mapun kios-kios.Sehingga kami berharap tidak ada lagi yang melakukan penjualan secara sembunyi-sembunyi,” lanjut Kana.

Karena jika ketahuan atau ada laporan yang menjual secara sembunyi-sembunyi ikan kaleng tersebut, maka tentunya pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait guna sesegera melakukan penarikan.

“Secara aturan dalam memberikan sangsi bagi pedagang yang ditemukan menjual barang seperti ikan kaleng atau baranbarang kadarluasa masih berupa himbauan guna sesegera mungkin untuk menariknya.Namun tindakn persuasif tersebut tidak juga dilakukan maka pastinya ijin usahanya akan dicabut,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Kana menghimbau para pelaku usaha agar dalam melakukan tugasnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku, guna masyarakat juga dapat merasa nyaman.

 

 

Penulis : Nyongki
Editor   : Erny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

75 + = 76