Walikota Kupang Jefri Riwu Kore dan rombongan melakukan studi banding aspal buton buatan lokal di Bangkalan Madura, Kamis (29/3/2018) Pkl. 07.00 WIB. (Foto: Ist/Moral-politik.com)

 
MORAL-POLITIK.COM – Ketua Komisi III DPRD Kota Kupang, Merry Salouw mengingatkan Walikota Kupang Jefri Riwu Kore (Jefri) soal mutasi pejabat.

Menurut Salouw, mutasi disamping sebagai kewenangan Walikota dalam perspektif otonomi daerah, paling tidak mutasi dan promosi pejabat tersebut haruslah bermuara pada empat prinsip.

Kepada wartawan di Gedung DPRD Kota Kupang, Jumat (6/4/2014) Salouw mengatakan, prinsip pertama adalah mutasi sebagai wujud paradigma pelayanan publik dalam dimensi New Public Service (Era baru pelayanan publik semata-mata untuk kepentingan masyarakat bukan kepentingan pejabat dan keluarganya).

Kedua, mutasi dan promosi pejabat seharusnya sebagai tantangan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) dalam menjawab penilaian sangat baik dalam pelayanan publik.

Ketiga, maka dari itu tidak ada gunanya mutasi dan promosi jabatan jika semua pejabat tidak tertantang untuk merubah nilai pelayanan publik dari Zona Merah (paling buruk) menjadi paling baik dalam Dimensi New Public Service.

Keempat, solusi konkrit dalam merubah image dan nilai pelayanan publik yang buruk tersebut, maka pejabat Kota Kupang sudah saatnya melaksanakan inovasi kebijakan dan pelayanan publik, semua program OPD harus diarahkan dalam mewujudkan janji-janji kampanye pasangan FIRMANMU, segera menghapus program kebijakan yang tidak berdampak pada peningkatan kesejahteraan rakyat, solusi implementatif dalam meningkatkan nilai pelayanan publik menjadi yang terbaik, bekerjasama dengan perguruan tinggi dalam merubah paradigma pelayanan publik dari standar konvensional menjadi post modernisme yang benar-benar bersentuhan dengan kepentingan publik.

Jika benar benar mutasi dilakukan berdasarlan empat prinsip tersebut, lanjut Merry, maka pelayanan kemasyarakatan, serta pembangunan di Kota Kupang dapat berjalan dengan baik, sebab pejabat yang ditunjuk benar-benar orang yang terpilih dan punya kemauan kerja yang mampu membangun Kota Kupang dengan baik.

 

Penulis : Nyongki
Editor   : Erny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 69 = 77