Ilustrasi terang benderang. (Foto: Rizkurrizkur.blogspot.co.id/Moral-politik.com)

MORAL-POLITIK.COM – Keinginan Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang agar semua jalan umum dan jalan lingkungan bisa terang benderang di malam hari, hampir nyata.

Saat ini pemasangan penerangan jalan umum gencar dilakukan oleh Bagian Umum Setda Kota Kupang.

Kepala Bagian Umum Setda Kota Kupang Djoni D. Bire melalui koordonator lapangan PJU Edy Meok kepada Moral-politik.com, Kamis (13/4/2018) di Kota Kupang menuturkan, lampu penerangan jalan yang dipasang Pemkot Kupang tersebut diantaranya Penerangan Jalan Umum (PJU) LED PLN dan PJU Tenaga Surya.

“Untuk data pemasangan PJU LED PLN tahun 2017 total pemasangan yang dilakukan sebanyak 1.194 PJU, dan PJU tenaga surya sebanyak 850 PJU,” katanya.

Ia menguraikan, pemasangan PJU LED PLN tahun 2017 untuk Kecamatan Kelapa Lima telah terpasang di 10 Kelurahan dengan jumlah PJU LED yang terpasang sebanyak 111 PJU, Kecamatan Kota Lama telah terpasang sebanyak 258 PJU pada lima kelurahan, dan Kecamatan Maulafa sebanyak 256 PJU pada sembilan kelurahan.

Sedangkan untuk tiga kecamatan lainnya, katanya, yakni Kecamatan Oebobo sebanyak 228 PJU terpasang pada tujuh kelurahan, Kecamatan Kota Raja sebanyak 123 PJU pada delapan keluraha, dan Kecamatan Alak sebanyak 218 PJU pada 12 kelurahan.

Sementara untuk PJU Tenaga Surya, tambah Meok, untuk Kecamatan Kelapa Lima sebanyak 22 PJU, Kecamatan Alak sebanyak 220 PJU, Kecamatan Kota Raja sebanyak 62 PJU, Kecamatan Maulafa sebanyak 78 PJU, dan Kecamatan Oebobo sebanyak 43 PJU.

“Pemasangan PJU Tenga Surya ini tidak hanya di jalan yang ada di kelurahan, tapi juga tetpasang di jalur utama yakni Jalan El Tari I, dan El Tari II baik itu pada jakur kiri dan kanan tersebut berjumlah 285 PJU. Dan untuk jalan Protokol Inaboi berjumlah 11 PJU,” katanya.

Oleh karena itu, pungkas dia, dengan telah terpasang PJU tersebut baik PJU Tenaga Surya maupun PJU LED PLN, maka peran aparat kelurahan dan masyarakat sangat diperlukan untuk bagaimana dapat menjaga fasilitas publik tersebut.

 

Penulis : Nyongki
Editor   : Erny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 60 = 66