Foto: Ambuga/Moral-politik.com

 

MORAL-POLITIK.COM – Berita-berita hoax yang menyebar akhir-akhir ini menuai tanggapan banyak pihak.

Salah satunya Kapolres Kupang Kota AKBP Anthon Nugroho. Menurutnya, dunia sekarang ini lebih mudah terjangkau karena perkembangan teknologi, dan kadang manusia mudah sekali memercayai berita-berita yang kurang jelas sumbernya.

“Dengan mudah, kita bisa menjangkau dunia yang luas. Dan dengan perkembangan teknologi sekarang ini, berita dan informasi mudah disebarkan,” katanya dalam acara Pawai Etnis Paskah di Kota Kupang, Minggu (1/4/2018).

“Ada berbagai informasi yang tidak jelas sumbernya, tapi disebarkan orang. Ini bisa memunculkan berita-berita hoax,” sambungnya menerangkan.

Dia melanjutkan, ukuran menilai sebuah berita sebagai hoax, adalah dengan menggunakan penalaran normal yang sering digunakan masyarakat umum.

“Secara sederhana, ukuran menilai sebuah berita sebagai hoax adalah secara umum, sebuah berita itu tidak diterima masyarakat,” terangnya.

Anthon mengharapkan, kerja sama berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk memerangi berita hoax ini.

“Terlebih masyarakat. Masyarakat sangat dibutuhkan memerangi berita hoax. Kalau ada sebuah berita yang disampaikan ke seseorang, dan seseorang itu merasa bahwa berita itu tidak benar, maka jangan diteruskan. Harus putus di situ,” bebernya.

“Misalnya sebuah berita pembunuhan terjadi di Jawa. Sumbernya tidak jelas. Maka biarkan saja. Tidak perlu pusing-pusing. Toh kita di sini juga punya masalah sendiri untuk kita selesaikan,” imbuhnya menegaskan.

Dia mengharapkan agar masyarakat bisa lebih bijak menyikapi sebuah berita dan informasi yang beredar.

“Kalau yang baik, kita teruskan. Kalau tidak baik, berita dan informasi itu harus putus. Kita semua harus melakukan itu untuk menjaga keharmonisan yang telah kita bangun selama ini,” tutupnya.

 
Penulis : Ambuga
Editor   : Erny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 + 9 =