Walikota Kupang Jefri Riwu Kore (Tiga dari kiri) foto bersama usai perayaan HUT Kota Kupang ke-132 dan Hari Jadi Kota Kupang ke-22 di depan Kantor Walikota Kupang, Rabu (25/4/2018) pagi. (Foto: Richardo L. Therik/Moral-politik.com)

 

MORAL-POLITIK.COM – Walikota Kupang Jefri Riwu Kore menuturkan pelaksanaan program yang telah dilaksanakan di tahun 2018.

Program-program tersebut telah dilaksanakan di masa kepemimpinanya bersama Wakil Walikota Kupang Hermanus Man.

“Saya menghimbau kepada masyarakat untuk dapat berperan secara aktif bersama-sama pemerintah dalam menuntaskan berbagai program pembangunan, baik yang sedang maupun yang akan dilaksanakan di Kota Kupang,” kata Walikota Jefri dalam sambutanya saat bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kota Kupang ke-132 dan Hari Jadi ke-22 Kota Kupang sebagai daerah otonomi, Rabu (25/4/2018).

Pada tahun 2018, katanya, Pemerintah Kota Kupang telah banyak melakukan beberapa inovasi dan program dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat yakni mewujudkan Smart City di Kota Kupang bekerjasama dengan Bank NTT melalui pembayaran CSR untuk peningkatan pelayanan publik melalui aplikasi soda molek yang telah di luncurkan pada tanggal 2 Maret 2018.

“Dengan aplikasi soda molek ini akan ditempati pada 17 kelurahan yang diharapkan dapat mewujudkan pelayanan administrasi kepada masyarakat secara cepat tepat. Direncanakan service box aplikasi soda molek akan ditempakan di seluruh kecamatan dan kelurahan se Kota Kupang pada tahun 2018,” katanya.

Program lain yang sudah dijalakan, katanya, yakni program kunjungan “Ketuk Pintu” di Puskesmas/Pustu se Kota Kupang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya penyakit TBC dengan jumlah rumah yang telah diketuk sebanyal 15.101 rumah.

“Di moment HUT ini kami me launching program Kupang Smart City dengan tagline “Ayo Berubah Menuju Kupang Smart City” yang terdiri atas beberapa aplikasi dengan program diantaranya aplikasi pelayanan perijinan secara online, yang bertujuan sebagai sarana untuk mewujudkan pelayanan publik yang transparan, akuntabel dan lebih mudah dijangkau serta menghidari terjadinya praktik KKN dan pencaloan dalam proses perijinan melalui website “http://izin.kupangkota.go.id ” untuk pengurusan SITU, SIUP, TDP, NPWPD, Fiskal, Advis Plan dan IMB,” jelasnya.

Selain itu, tambah Jefri, ada pun program lain yang berkaitan dengan aplikasi yakni aplikasi promosi berbasis website Dikupang.com yang diperkenalkan ke dunia luas melalui Vlog. Dan aplikaai promosi berbasis Cliud Simaya yang diterapkan pada setiap OPD, serta aplikasi e-Dana PEM, untuk mempermudah laporan dan administrasi dana PEM.

“Di tahun ini ada juga kegiatan pelatihan komputer dan IT bagi anak anak dari keluarga kurang mampu, pemasangan wifi gratis pada area-are publik,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Jefri juga mengajak kepada semua jajaran Pemerintah Kota Kupang untuk meningkatkan kinerja, pengabdian dan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. “Bekerjalah dengan cermat dan sungguh-sungguh serta hindari tindakan KKN dalam melaksanakan setiap tugas yang diberikan sesuai dengan regulasi yang ada,” tegasnya.

Mantan Anggota DPR RI ini juga menegaskan bahwa tahun 2018 ini merupakan tahun politik, dimana akan dilaksanakan pesta demokrasi yakni pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT. Untuk itu, tingkatkan persatuan dan kesatuan, serta jagalah stabilitas keamanan dan ketertiban di dalam masyarakat sebab kondusifnya kamtibmas, sangatlah diperlukan dalam menyukseskan agenda tersebut.

“Melalui agenda tersebut saya mengharapkan agar dapat hindari tindakan-tindakan anarkis, penyebaran isu tak bertanggungjawab, fitnah, adu domba yang bernuasa politik maupun yang bersinggungan dengan suku, agama, ras dan antar golongan (SARA) yang dapat memecah belahkan,” lanjutnya.

Memang dalam agenda ini, sambungnya, akan diperhadapkan pada pilihan yang berbeda, namun perbedaan tersebut jangan sampai memicu konflik horisontal. Tetaplah berstau dan membawa perdamaian, karena hanya dalam suasana damai dan bersatu yang dapat membangun Kota Kupang yang dicintai bersama menjadi lebih baik.

“Diketahui bersama Kota Kupang adalah Kota Kasih yang merupakan tanah harapan, yang harus kita bangun dan kita jaga bersama secara arif dan bijaksana,” tutupnya.

 

Reporter : Nyongki
Editor      : Erny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 + 5 =