Walikota Kupang Jefri Riwu Kore bersama Ketua Tim PKK dan Dekranasda Kota Kupang Hilda Riwu Kore-Manafe foto bersama pada perayaan HUT Kota Kupang ke-132 dan Hari Jadi Kota Kupang ke-22 di depan Kantor Walikota Kupang, Rabu (25/4/2018) pagi. (Foto: Richardo L. Therik/Moral-politik.com)

 

MORAL-POLITIK.COM – Tawaran alternatif untuk mengatasi masalah persampahan dengan menggunakan Teknologi Listrik Tenaga Sampah (PLTsa), masih perlu pengkajiannya.

“Ada rencana kerjasama dalam pengembangan investasi energi baru terbarukan yakni PLTsa, tapi kita musti mengkajinya terlebih dahulu,” kata Walikota Kupang Jefri Riwu Kore kepada wartawan belum lama ini dalam kegiatan jemban aspirasi kekerasan terhadap perempuan di Kantor Rumah Perempuan Kupang.

Menurut Walikota Jefri, selain perlu dikaji energi baru terbarukan, pihaknya juga harus membicarakan dengan dewan, sebab itu merupakan kegiatan strategis besar yang perlu dibicarakan bersama DPRD.

Obed Kadji

Sementara itu Kepala Dinas LHK Kota Kupang Obed Kadji sebelumnya mengatakan, soal PLTsa ada satu perusahan di Jawa yang merupakan perusahan besar bergerak dalam bidang kelistrikan energi baru terbarukan akan bekerjsama dengan PLN, yang memberikan peluang untuk melakukan kerjasama dengan Dinas LHK Kota Kupang untuk pemanfaat sampah menjadi PLTsa.

“Soal hal ini sudah banyak perusahan yang datang untuk menawarkan kepada kami, tapi kapasitas sampah yang ditawarkan hanya 700 ton ke atas, tapi dengan teknologinya lebih canggih dari perusahan ini menawarkan kapasitas sampah dihasilkan 100 ton perhari. Sedangkan sampah yang kita hasilkan 200 ton perhari, maka itu tawaran dari perusahan ini kami terima,” jelasnya.

Dengan diterima tawaran tersebut, kata Obed, perusahan tersebut akan mempresentasikan model MoU seperti apa kepada Pak Walikota nantinya.

“Rencana pengelolaan sampah dengan sistem teknologi baru terbarukan dapat terlaksana, karena dengan sistem tersebut dapat mengatasi masalah persampahan di Kota Kupang,” putus dia mengakhiri.

 

 

Reporter : Nyongki
Editor      : Erny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 + 2 =