Foto: Nyongki/Moral-politik.com

 

MORAL-POLITIK.COM – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya memimpin upacara pemakaman mantan Walikota Administratif (Wakotif) Kupang Drs. Messakh Amalo.

Sosok yang familiar dengan sapaan Adibu Amalo itu diupacarakan pemakaman di kediamannya Jl. Kemuning No. 1, Kelurahan Naikolan, Kota Kupang pada Rabu (3/5/2018) Pkl. 13.00 WITA.

Upacara pemakaman sosok paling berjasa sebagai peletak dasar Kotif Kupang pada tahun 1978-1983 ini dipimpin oleh pejabat yang mewakili Gubernur Frans, Asisten Pemerintahan Setda Provinsi NTT Mikhael Fernandez.

Turut hadir dalam upacara pemakaman, mantan Wakil Gubernur NTT Johanes Pake Pani, mantan Bupati TTU Gabriel Manek, sejumlah Pimpinan OPD lingkup Pemprov NTT, Kota Kupang, dan sejumlah Forkopimda.

“Sosok Mantan Walikota Kupang Meshak Amalo merupakan figur yang punya peran penting dalam kemajuan daerah yang dipimpinnya. Selain itu beliau juga sosok pemimpin yang jadi panutan dan teladan, serta selalu menjadi inpiràsi bagi pemimpin lainnya di NTT,” baca Mikhael Fernandez.

Beliau juga, sambung Fernandez, merupakan sosok yang dihormati dan punya pribadi yang menarik serta baik hati.

“Kepergian beliau membuat Kota Kupang kehilangan sosok yang berpengaruh dan sangat dihargai. Kerja keras beliau dalam membangun Kota Kupang sudah menunjukan hasil yang baik dan tinggal diteruskan pemimpin-pemimpin seterusnya. Semoga hasil kerja keras selalu dikenang semua warga Kota Kupang,” kata Gubernur Frans.

Untuk diketahui, Almarhum Meshak Amalo tutup usia di Rumah Sakit Siloam Kupang dalam usia 76 tahun. Meninggalnya pria kelahiran Pulau Rote pada 23 Agustus 1942 itu akibat sakit yang dideritanya beberapa tahun terakhir ini.

Adibu Amalo pertama kalinya dilantik menjadi Wali Kotif Kupang pada September 1978 silam.

Ia menjadi orang nomor satu di Ibu Kota Provinsi NTT setelah Kecamatan Kota Kupang ditingkatkan statusnya menjadi Kota Administratif berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 1978 yang diresmikan pada 18 September 1978.

 

Reporter : Nyongki
Editor      : Erny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 + 3 =