Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi NTT Andreas William Koreh (kiri), dan Sekretarisnya Johanes Tobi (kanan). Foto: V.J. Boekan/Moral-politik.com

 

MORAL-POLITIK.COM – Mantan pamong praja senior di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Drs. Messakh Amalo alias Adibu meninggal dunia.

Ia menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Siloam Kupang, Selasa (1/5/2018) pukul 07.10 WITA.

Siang tadi sekitar Pkl. 13.50 WITA, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi NTT Andreas William Koreh, Staf Ahli Gubernur NTT Bidang Politik dan Pemerintahan, Vincentcius Jeskial Boekan, Sekretaris Dinas PUPR Provinsi NTT Johanes Tobi dan sejumlah stafnya melayat di rumah duka di Jl. Kemuning No. 1, Kelurahan Naikolan, Kota Kupang.

Tampak hadir melayat Anggota DPRD Kota Kupang Nicky Uly bersama istrinya Ny. Belina Uly-Oei, Eduard Gana bersama istri, dan sejumlah pejabat Pemkot Kupang lainnya.

Jenazah Adibu Amalo dijaga oleh isterinya Wilhelmina Amalo-Taolin, dan tiga orang putrinya masing-masing Helena Amalo, Nancy Amalo, dan Christyn Amalo serta seorang cucu laki-laki berusia sekitar 6 tahun.

Informasi yang diperoleh dari keluarga dekat, Ibadat pemakaman Adibu Amalo akan dilangsungkan pada Kamis (3/5/2018) Pkl. 13.00 WITA. Sedangkan keluarga menyiapkan liang lahatnya di Pemakaman Umum Maupoli Kupang.

Sampai artikel ini di turunkan, Walikota Kupang Jefri Riwu Kore belum melayat karena sedang berada di luar daerah. Akan tetapi Wakil Walikota Kupang Hermanus Man telah melayat.

Pada malam ini Pkl. 20.00 WITA, menurut rencana Gubernur NTT Frans Lebu Raya dan sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) akan melayat jenazah Adibu Amalo.

Beberapa aparat Pemkot Kupang yang tampak ada di rumah duka belum bisa memastikan apakah jenazah Adibu Amalo akan disemayamkan di Kantor Walikota Kupang, atau di Kantor Gubernur NTT di Jl. Raya El Tari Kupang. Sebab belum ada keputusan resmi dari orang nomor satu di dua daerah otonom tersebut.

Catatan media ini, Messakh Amalo dilantik menjadi Walikota Administratip (Wakoitp) Kupang pertama bersama Sekretaris Kotip Gaspar P. Ehok. Dalam perkembangan waktu dirinya digantikan oleh Letkol Inf. Samuel Kristian Lerik pada 26 Mei 1986 sampai dengan perubahan status menjadi Kotamadya Daerah Tingkat II Kupang.

Terakhir Adibu Amalo dipercaya dalam jabatan Asisten Tata Praja atau Asisten I Setda Provinsi NTT.

 

 

Penulis : V.J. Boekan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 81 = 86